Penyakit Tetelo Pada Burung, Ketahui Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

oleh -83 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Panennews.com – Penyakit tetelo kerap menyerang berbagai jenis hewan unggas maupun peliharaan. Biasanya tetelo ini sebagian besar menyerang pada ayam peliharaan.

Namun, tak jarang juga penyakit tersebut kini menyerang burung hias dan peliharaan. Oleh sebab itu, ini wajib dan harus kita waspadai.

Secara garis besar, penyakit tetelo ini disebabkan oleh penularan Virus Avian Orthoavulavirus Tipe 1. Penularan ini dapat terjadi melalui paparan kotoran, makanan, hingga benda-benda asing oleh burung atau hewan yang terinfeksi penyakit tetelo.

Baca Juga :   Jaga Kontinuitas Pasokan Ikan Berkualitas Ekspor, BKIPM Susun Daftar Penyakit Ikan Berbahaya

Selain itu, penyakit tetelo yang kerap menyerang burung ini juga disebabkan oleh jamur mengendap pada bagian tubuh burung. Adapun gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tetelo ini dapat menyebabkan saluran pencernaan hingga pernafasan burung terganggu.

Lebih lanjut, serangan tetelo pada burung ini juga mengeluarkan gejala nafsu makan tengah berkurang bagi burung. Sehingga burung enggan untuk makan, hal ini tentunya akan menganggu produktivitas hingga tumbuh kembang pada burung tersebut.

Sementara itu, cara mengatasi burung yang terkena penyakit tetelo salah satunya yaitu dengan menyemprotkan vitamin ke bagian mulut burung. Pasalnya, vitamin tersebut biasanya akan memutuskan rantai penyakit tetelo pada burung.

Baca Juga :   Sampang Ajak Peternak Manfaatkan Limbah Jadi Pupuk Organik Cair

Lebih jauh, jaga selalu kebersihan kandang dan semprotkan kandang dengan cairan disinfektan. Hal ini agar virus atau pun bakteri penyakit tersebut cepat hilang, sehingga nantinya tidak mewabah hingga tertular ke burung lain. Segera lah periksa ke dokter hewan, jika terjadi indikasi lebih parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.