Begini Cara Menghilangkan Bau Semen dan Terpal Pada Kolam Ikan

oleh -1.447 views
Ilustrasi Kolam Ikan
Ilustrasi Kolam Ikan - Foto : Pinterest/@AOKHI

Panennews.com – Budidaya ikan di air tawar tentu tak lepas dari kolam ikan nya. Sebagian peternak ikan di darat akan membuat jenis kolam untuk membudidaya ikan tersebut.

Biasanya kolam ikan terbuat dari semen beton maupun dengan beralaskan terpal. Jika masih baru tentu bau semen dan terpal akan cukup menyengat. Oleh karena itu, jika pada tahap awal pembuatan kolam tersebut lantas langsung di isi air dan benih ikan, maka bisa dipastikan banyak yang mati.

Oleh karena itu, tahapan pembuatan kolam ikan baru harus dicermati sebelum benih ikan dimasukkan ke kolam. Langkah apa saja yang perlu diperhatikan pada kolam tersebut sebelum memasukkan benih ikan. Berikut tips yang harus anda tahu.

Baca Juga :   Solusi Limbah dengan Membuat Pakan Ternak Yang Bergizi

Menunggu Kering

Jika kolam terbuat dari semen, maka sebaiknya menunggu kolam tersebut benar-benar kering. Proses tersebut agar bau semen tidak terlalu menyengat.

Rendam

Pada tahap ini anda bisa melakukan perendaman pada kolam semen yang sudah kering tersebut. Begitu juga dengan kolam terpal. Merendam air sampai dengan 3 hari bisa dilakukan untuk menimimalisir bau terpal maupun bau semen pada kolam.

Langkah ini bisa anda lakukan dengan merendam kolam selama 3 hari. Kemudian kuras dan rendam lagi dengan interval waktu yang sama sampai bau terpal maupun semen benar-benar hilang.

Baca Juga :   Keren, Mahasiswa Ini Ubah Tulang Ikan Jadi Kudapan Yang Lezat

Batang Pisang

Batang pisang juga bisa menjadi alternatif lainnya. Gosokkan batang pisang secara merata pada kolam dan rendam dengan air selama semalam. Jika bau masih menyengat, anda dapat mengulanginya lagi sampai bau tersebut hilang.

Komentar