Tips Ternak Itik Petelur Bagi Pemula

oleh -17 views
itik
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Memelihara unggas kini bisa menjadi pilihan profesi terbaik mengingat prospeknya yang cukup menggiurkan. Salah unggas yang bisa menjadi pilihan ternak yakni itik petelur. Namun, sebelum memulai usaha ini, alangkah baiknya jika Anda ketahui beberapa tips ternak itik petelur agar meraih hasil maksimal.

Itik memang terkenal dengan kemampuan menghasilkan telurnya yang banyak. Selain itu, telur itik juga memiliki sumber protein terbaik dan cukup tinggi untuk dikonsumsi. Tidak heran jika ternak unggas ini bisa menjadi prospek menarik.

Baca Juga :   Murah dan Mudah, Cara Membuat Pakan Ayam Bangkok

Bagi pemula dalam memelihara hewan ini, maka sangat diharuskan mengerti cara yang tepat agar itik bisa menghasilkan telur berjumlah banyak. Seperti beberapa cara berikut ini.

Cara pertama yaitu pilih bibit itik dari jenis petelur terbaik agar mendapatkan kualitas yang baik pula. Anda bisa melihat dari indukan si itik. Kedua, siapkan kandang yang sesuai dengan jumlah itik yang ditangkar agar itik bisa bertelur maksimal. Pasalnya, kandang yang terlalu sempit akan menghambat produktivitas itik.

Ketiga, jaga kebersihan kandang itik. Faktor kebersihan serta lingkungan sangat berpengaruh dalam menjaga kualitas itik petelur. Meski lahan yang dimiliki tidak terlalu luas, namun jika kebersihan dijaga akan membuat itik sehat dan tidak stress.

Baca Juga :   Membuat Jamu untuk Ayam Jago yang Praktis

Keempat, perhatikan pakan yang diberikan. Pemberian pakan yang sesuai akan membuat itik petelur menjadi lebih produktif untuk menghasilkan telur dengan jumlah banyak. Makanan bergizi juga diperlukan untuk menjaga kondisi kesehatan itik ini.

Itulah beberapa tips ternak itik petelur yang bisa Anda ketahui sebelum memulai usaha peternakan unggas. Semoga bermanfaat.

Komentar