Jarang Diketahui, Begini Tips Mencegah Kambing Terserang Penyakit Kudis

oleh -7 views
Ilustrasi Kambing
Ilustrasi Kambing - Foto : Pixabay/@Couleur

Panennews.com – Kudis merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang kambing ternak. Kambing yang terserang penyakit ini, tentunya akan menurun produktivitasnya hingga menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu, penyakit ini harus kita waspadai secara intens. Agar kambing tidak terserang penyakit kudis, ada beberapa tips dalam mencegahnya.

Secara umum, gejala yang kerap ditimbulkan dari penyakit ini biasanya kambing akan merasa gatal pada bagian kaki hingga permukaan seluruh tubuhnya.

Selain gatal, penyakit ini juga akan membuat seluruh tubuh menimbulkan bercak-bercak merah. Terlebih lagi, kambing akan berkurang nafsu makan hingga kehilangan produktivitasnya.

Baca Juga :   Jangan Asal Kasih, Ini Jenis Sayuran Yang Cocok Untuk Pakan Kelinci

Adapun tips mencegah penyakit kudis pada kambing biasanya mandikan kambing secara teratur. Pasalnya, memandikan kambing tentunya akan mengusir bakteri hingga virus penyebab penyakit kudis.

Biasanya pemandian ini dapat dicampur dengan menggunakan cairan pembersih, agar pemandian tersebut lebih bersih dan maksimal sehingga dapat mencegah kambing terserang penyakit kudis.

Selain itu, cukur juga bulu kambing agar tidak terlalu lebat. Jika terlalu lebat, biasanya kuman akan menempel pada bulu tersebut dan menjadi sarang bakteri penyebab penyakit kudis ini.

Baca Juga :   Bikin Nyaman Dan Betah, Ketahui Kandang Terbaik Hamster

Oleh karena itu, pemotongan serta pencukuran bulu kambing bisa jadi tips atau pun upaya dalam mencegah kambing terserang penyakit. Biasanya pemotongan ini dapat berlaku hingga kisaran 2 bulan 1 kali.

Sementara itu, menjaga kebersihan kandang dan lingkungan juga jadi tips ampuh dalam mencegah kambing terserang penyakit kudis. Dalam menjaga kebersihan kandang, tentunya akan meminimalisir bakteri.

Tak hanya itu, menjaga kebersihan kandang juga dapat memberikan kenyamanan serta keamanan kambing agar tidak tersentuh oleh serangan hama atau pun penyakit seperti kudis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.