Cucak Hijau, Burung Kicau Warna Eksotis Dengan Suara Merdu

oleh -100 views
"cucak ijo" bird in the cage
Foto : Pixabay

Panennews.com – Cucak hijau merupakan salah satu burung kicau yang saat ini sudah menyebar luas di berbagai kawasan Indonesia. Biasanya jenis burung tersebut penyebarannya pada wilayah Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan, hingga Papua.

Burung dengan nama Latin Chloropsis Sonnerati Jardine ini masih tergabung ke dalam suku famili dari Chloropseidae. Tampilannya begitu memukau dengan warna eksotis serta kicauannya yang lumayan merdu.

Secara morfologi, burung ini memiliki tampilan tubuh dengan ukuran panjangnya yang berkisar antara 18 hingga 22 cm terdapat pada jenis jantannya. Sedangkan jenis betinanya memiliki ukuran berkisar antara 15 hingga 18 cm. Umumnya, dengan ukuran tersebut biasanya cucak hijau ini mempunyai berat tubuh hingga mencapai kisaran antara 41 gram.

Baca Juga :   Sering Dianggap Seram, Ternyata Burung Hantu Juga Punya Fakta Menarik

Lebih lanjut, cucak hijau ini juga pada bagian tubuhnya terdapat paruh panjang dengan warna hitam. Biasanya paruh tersebut memiliki tekstur keras dengan tampilannya yang cukup tebal. Di bagian kakinya, terdapat jari yang jumlahnya sekitar 5 buah.

Selain itu, burung ini juga terkenal eksotis dengan banyaknya aneka ragam warna pada tubuh. Biasanya burung tersebut memiliki warna yang cerah seperti warna hijau yang cerah, hijau jingga, hingga hijau kuning. Hal ini yang membuatnya lebih tampil eksotis, jika di bandingkan dengan jenis burung lainnya.

Baca Juga :   Ayam Serama, Salah Satu Ayam Paling Mungil di Dunia

Lebih menariknya lagi, burung ini jika ia berkicau akan mengeluarkan suara yang cukup indah. Biasanya suara kicauannya ini akan muncul pada pagi hari atau pun sore hari, dengan intensitas suara yang lumayan keras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.