Beras Lagi Mahal, Ini 3 Jenis Makanan Bisa Jadi Pengganti Nasi

oleh -17 views
Ilustrasi Kentang Foto pinterest
Ilustrasi Kentang - Foto : Pinterest

Panennews.com – Kekeringan panjang yang melanda sejumlah negara termasuk juga Indonesia, tentunya memberikan dampak negatif untuk ketahanan pangannya.

Pasalnya, kekeringan tersebut membuat irigasi lahan pertanian menjadi tidak kondusif serta menyebabkan gagal panen padi. Oleh sebab itu, harga beras saat ini tengah melambung tinggi. Untuk itu, ada berbagai jenis makanan yang bisa jadi alternatif pengganti beras atau pun nasi. Adapun jenis makanan tersebut antara lain.

Gandum

Jenis makanan ini merupakan salah satu bahan pokok yang banyak di konsumsi oleh masyarakat. Pasalnya, gandum tersebut mempunyai banyak kandungan nutrisi. Biasanya dalam gandum mengandung senyawa karbohidrat, serat, bahkan juga senyawa penting lainnya. Oleh karena itu, gandum pun tak jarang orang mengkonsumsinya sebagai pengganti nasi jika beras dalam keadaan mahal.

Baca Juga :   Dongkrak Produksi, Kementan Gelontorkan 10 Ribu Alsintan Di Jawa Tengah

Ubi

Berbagai jenis ubi bisa jadi bahan pokok pengganti nasi. Meski bentuknya yang cenderung kecil, namun ubi tersebut memiliki kandungan senyawa nutrisi yang cukup banyak. Selain itu, ubi juga kaya akan kandungan senyawa kalium hingga vitamin A, B, maupun C yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kentang

Komoditas kentang menjadi salah satu pasokan karbohidrat terbesar setelah nasi. Kendati demikian, kentang ini bisa jadi makanan alternatif pengganti nasi. Selain itu, kentang juga memiliki banyak senyawa nutrisi hingga vitamin. Biasanya dalam kentang terdapat senyawa serat, kalium, hingga berbagai jenis vitamin yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.