Ayam Serama, Salah Satu Ayam Paling Mungil di Dunia

oleh -445 views
Ayam Serama
Foto : Istockphoto

Panennnews.com – Ayam jenis serama memang tidak bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran, sebab ia merupakan ayam khusus dan dipelihara sebagai ayam hias. Tidak jarang harganya cukup tinggi untuk ukuran satu ekor ayam saja.

Nama latin ayam ini adalah gallus gallus domesticus, tanpa spesifikasi pada nama spesiesnya. Karena merupakan ayam domestik, ia tidak memiliki nama khusus. Sebab semua ayam domestik berbagi satu jenis nama latin.

Anda bisa membedakan dengan mudah ayam ini dibandingkan dengan ayam lainnya. Serama memiliki ukuran yang kecil, bahkan lebih kecil daripada ayam katai. Ayam jenis ini tubuhnya ramping, dadanya datar dan ekornya tegak lurus.

Baca Juga :   Alternatif Pakan Ternak Dengan Keong Mas

Ketika hendak memanen ayam jenis ini, Anda harus menestakannya secara mandiri tanpa bantuan oleh induknya. Sebab, cuaca yang dingin bisa mempengaruhi keadaan telur. Ketika berumur sekitar 2,5 bulan, Anda bisa mengembalikannya ke kandang.

Asal ayam ini sebenarnya adalah Malaysia dan Thailand. Namun, ia bisa dikembangbiakkan dengan baik di Indonesia. Asalkan cuacanya tidak terlalu dingin dan basah. Berat ayam ini bisa tidak lebih dari 400 gram.

Saat ini ayam Serama diikutkan dalam kontes ayam hias. Untuk merawatnya, Anda bisa menggunakan kandang ayam seperti biasanya, namun Anda harus menjaganya tetap bersih untuk menghindari berbagai macam penyakit. Pakannya berupa biji-bijian, sayuran, dan beras merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.