Daging Ayam Ras, Punya Andil Inflasi Tertinggi Di Jawa Timur

oleh -8 views
ilustrasi daging ayam
Ilsutrasi Daging Ayam - Foto : Pexels

Panennews.com – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) mencatat bahan pangan pendorong inflasi di Jawa Timur pada Maret 2024.

Daging ayam ras mempunyai andil terhadap inflasi secara month to month (mtm) tertinggi. Jika kita bandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Secara mtm, inflasi daging ayam ras sebesar 12,33% dengan andil 0,21%. Inflasi telur ayam ras sebesar 11,33% dengan andil 0,17%. Kemudian inflasi tomat sebesar 5,39% dengan andil 0,02%. Serta inflasi bawang putih sebesar 5,12% dengan andil 0,02%.

Baca Juga :   Ragam Pakan untuk Bebek Sesuai Kebutuhan

Mengutip laman BPS Jatim, Kepala BPS Jatim, Zulkipli mengatakan jika diamati rata-rata harga per bulannya maka terlihat bahwa harga komoditas daging ayam ras, telur ayam ras, tomat, dan bawang putih pada Maret 2024 mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya.

“Bahkan, rata-rata harga daging ayam ras, telur ayam ras, tomat, dan bawang putih berada cukup jauh di atas rata-rata harga Maret 2022,” ujarnya, Selasa (09/04/2024).

Selain itu, Zulkifli juga mengatakan untuk mengatasi hal ini pihaknya telah berkoordinasi dengan peternak-peternak ayam pada tingkat pemerintah daerah hingga pusat. Adapun hal itu, dengan melakukan peningkatan terhadap konsep peternak ayam tersebut.

Baca Juga :   Mau Ternak Burung Puyuh? Baca Tips nya Di Sini

“Untuk mengatasi hal ini, kita akan berkoordinasi dengan peternak ayam hingga lembaga pemerintah daerah hingga pusat. Hal ini dengan melakukan peningkatan terhadap konsep ternak ayam” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.