Ragam Pakan untuk Bebek Sesuai Kebutuhan

oleh -19 views
Bebek
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bagi peternak bebek pedaging maupun bebek petelur pengetahuan tentang jenis-jenis pakan untuk bebek yang berkualitas sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan jenis pakan yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan kualitas bebek.

Dalam memberikan pakan untuk bebek, peternak harus membagi porsi berdasarkan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh bebek. Pemberian pakan yang berlebih akan membuat biaya produksi meledak dan kurang optimal, hal itu juga bisa mengakibatkan kualitas bebek menurun.

Pakan yang diberikan sebaiknya memuat 3 hal yaitu, pakan sebagi sumber energi, pakan sebagai sumber protein, dan pakan sebagai sumber mineral. Jika pemberian pakan dan mencakup ketiga hal tersebut maka bisa dipastikan produktivitas dan kualitas bebek meningkat.

Pakan sumber energi adalah hal yang paling utama karena ini akan menunjang aktifitas bebek seperti bertelur, bermain atau lain sebagainya. Sumber energi ini bisa di dapatkan dari bekatul, gandum, dedak padi, dan tepung roti.

Pemberian pakan sumber energi juga harus didampingi dengan pemberian pakan sumber protein dan pakan sumber mineral. Hal ini bisa didapatkan dengan memberikan tepung ikan, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah sebagai sumber protein serta tepung bekicot, tepung kulit telur sebagai sumber mineral.

Disisi lain, pemberian jenis- jenis pakan untuk bebek tersebut juga harus teratur dan tidak boleh berlebihan. Pakan bebek bisa diberikan 2 atau 3 kali dalam sehari. Banyak peternak bebek yang akhirnya bangkrut karena tidak memperhatikan hal teknis seperti ini

Komentar