Dijamin Ampuh, Begini Tips Mencegah Sapi Terpapar Virus PMK

oleh -14 views
Hewan Sapi
Foto : Panen News/amar

Panennews.com – Hewan ternak sapi memang cukup rentan terhadap serangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Gejalanya, sapi akan kehilangan produktivitas hingga menyebabkan kematian.

Agar tidak terjadi hal tersebut, ada beberapa tips dalam mencegah penyebaran virus PMK ini. Mengingat, penyakit PMK ini kerap mewabah dan menularkan hewan ternak lain.

Dalam mencegah terpaparnya virus PMK pada hewan sapi, salah satu tips awalnya yaitu dengan memberikan vaksinasi PMK pada hewan ternak jenis sapi ini.

Biasanya vaksinasi tersebut dapat dilakukan pada fasilitas kesehatan hewan maupun dinas pemerintah secara gratis. Pasalnya, vaksin ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh sapi agar tidak terpapar oleh serangan PMK.

Baca Juga :   Jenis Sayuran Hijau Ini Bisa Jadi Pakan Terbaik Kelinci

Selain itu, pisahkan juga kandang sapi sehat dan kandang sapi yang sedang sakit. Hal ini agar hewan sapi sehat tidak tertular oleh virus penyakit yang ada pada tubuh hewan sapi yang sakit. Sehingga hal ini jadi tips mencegah PMK.

Lebih lanjut, jagalah selalu kebersihan kandang dengan mencuci hingga menyiram lantai kandang agar terhindar dari segala jenis kotoran. Mengingat, virus PMK ini dapat menempel pada berbagai jenis kotoran.

Oleh sebab itu, menjaga kebersihan kandang merupakan hal tepat dalam mencegah penularan virus PMK pada hewan sapi ternak. Dengan menjaga kebersihan, anda mendukung sapi ternak tetap sehat.

Baca Juga :   Tips Memilih Bibit Kambing, Unggul Dan Sehat

Lebih jauh, berikan selalu hewan sapi tersebut dengan pakan yang memiliki kandungan gizi seimbang. Pasalnya, pakan yang bergizi tentunya sangat mendorong produktivitas sapi agar selalu sehat dan terhindari penyakit.

Jika hewan sapi anda terkena gejala PMK, lakukan segera pemeriksaan dengan mengecek kesehatan tubuh sapi pada dokter hewan terdekat. Biasanya ini merupakan tips ampuh dalam menekan penyebaran virus PMK pada sapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.