Daging Ayam Ras Beri Andil Tertinggi Terhadap Inflasi Di Jatim

oleh -12 views
Cropped image of an Asian butcher chopping raw chicken meat at market stall
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) mencatat beberapa bahan pangan pendorong inflasi pada bulan Februari 2024.

Daging ayam ras mempunyai andil tinggi terhadap inflasi tertinggi setelah beras secara year on year (yoy).

Mengutip laman BPS Jatim, jika dilihat rata-rata harga per bulannya maka terlihat harga komoditas daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah, dan tomat pada Februari 2024 mengalami kenaikan, baik dibandingkan bulan sebelumnya maupun bulan yang sama di tahun sebelumnya.

Baca Juga :   ”Serabi” Sleman Manfaatkan Lahan Tidur untuk Atasi Inflasi

Selain itu, Kepala BPS Jatim, Zulkipli menerangkan, secara umum perubahan harga dari komoditas daging ayam ras dan telur ayam ras di tahun 2024 cukup mengikuti tren perkembangan harga di tahun sebelumnya.

“Komoditas daging ayam ras cukup mengikuti tren perkembangan harga pada setiap tahun sebelumnya, ini merupakan salah satu andil daging ayam sumbang inflasi” ujar Zulkifli, Jumat (15/03/2024).

Lebih lanjut, cabai merah hingga tomat juga memiliki nilai yang cukup tinggi jika dibandingkan pada dua tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Jaga Stok Beras Cadangan Pemerintah, Bapanas Serap Produksi Padi Petani

Pasalnya, cabai merah dan tomat mempunyai harga yang naik dan kadang juga turun, sehingga ini juga menjadi penyumbang inflasi di Jawa Timur.

“Sedangkan perubahan harga komoditas cabai merah dan tomat memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dua tahun sebelumnya” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.