Sapi Brangus, Hasil Kawin Silang Unggulan

oleh -13 views
Sapi Brangus
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Persilangan pada dunia hewan merupakan hal yang tak asing untuk dilakukan. Kawin silang dilakukan demi menciptakan jenis baru yang tak kalah unggul. Seperti halnya terjadi pada brangus yang merupakan hasil kawin silang sapi angus jantan dengan sapi brahman betina.

Mengingat sifat dominan yang dibawa oleh sapi angus tak ayal bentuk sapi jenis ini terbilang mirip. Warna sapi umumnya hitam dengan badan tegak tinggi serta daging tubuh yang besar. Sapi ini amat cocok untuk dijadikan sapi pedaging berkualitas tinggi.

Baca Juga :   Telisik Sapi Madura, Sapi Khas Indonesia

Ciri utama sapi hasil kawin silang ini ialah berwarna hitam dengan badan kompak dan memiliki daging yang padat. Sedangkan pada telinga ukurannya terlihat tak jauh beda meski lebih terlihat pendek. Ciri brangus lainnya ialah leher pendek serta kaki kokoh kuat yang diwarisi sapi angus.

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, sapi jenis ini sangat tepat untuk dikembangbiakan. Pertumbuhan terbilang cepat dengan berat badan mampu mencapai 900 kg. Selain itu proses produktivitas pun terbilang mudah dengan indukan betina yang memiliki sifat keibuan.

Baca Juga :   Sebagai Pakan Hewan Ternak, Tepung Jangkrik Bisa Ekspor

Keunggulan lain Anda beternak sapi ini ialah mampu tahan hidup di iklim tropis. Hal itu tak menjadi penghalang jika memelihara di wilayah seperti negara Indonesia. Meski begitu sapi perkawinan silang ini belum banyak di budi dayakan oleh masyarakat saat ini.

Belum banyak yang memilih membudidayakan sapi brangus bukanlah tanpa alasan. Sulitnya mencari bibit menjadi kendala terberat. Paling-paling butuh impor dari negeri lain yang tentunya membutuhkan dana yang tak murah. Bagaimanapun daging hewan ini berkualitas tinggi untuk di jual belikan.

Komentar