Mengenal Kambing Boer, Jenis Hewan Yang Cocok Untuk Kurban

oleh -54 views
Boer Goat Breed in the Wild
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kambing boer merupakan jenis kambing pedaging yang memiliki bentuk tubuh cenderung gemuk. Kambing ini merupakan persilangan antara kambing lokal atau kambing kacang.

Mempunyai kelebihan yang lumayan banyak, jadi salah satu alasan jenis kambing tersebut tengah banyak dicari masyarakat. Bahkan, tak sedikit jenis kambing ini cocok untuk dijadikan hewan kurban karena kelebihannya.

Secara morfologi, kambing boer dapat dikenali dengan bentuk tubuh yang panjang. Biasanya panjang kambing ini bisa mencapai kisaran antara 80 cm terdapat pada jenis jantannya.

Sedangkan jenis betina, biasanya jenis kambing boer ini juga mempunyai bentuk panjang tubuh hingga mencapai kisaran antara 70 – 75 cm.

Baca Juga :   Jarang Diketahui, Ini Jenis Pakan Favorit Ternak Sapi Potong

Di samping itu, kebanyakan jenis kambing boer juga mempunyai bulu yang cenderung lebat berwarna putih. Namun, ada juga jenis kambing boer yang perpaduan warna antara cokelat hingga putih.

Selain itu, kambing boer ini juga mempunyai tanduk pada bagian kepalanya yang sangat cenderung panjang. Biasanya panjang tandung boer bisa mencapai ukuran kisaran antara 10 cm.

Sementara itu, kelebihan jenis kambing boer ini mempunyai bobot yang lumayan cukup besar. Pada jenis jantan, biasanya jenis kambing ini memiliki bobot hingga mencapai 45 kilogram pada usia 6 bulan.

Baca Juga :   Permintaan Hewan Qurban Meningkat, NTB Siap Lalulintaskan Ribuan Ekor Sapi dan Kerbau

Lebih lanjut, sedangkan jenis betina biasanya Ia memiliki bobot hingga mencapai 40 kilogram. Bobot tersebut menunjukkan bahwa jenis kambing boer memiliki daging yang lumayan banyak.

Di sisi lain, kelebihan kambing ini juga terletak pada tekstur dagingnya yang cukup empuk. Jika diolah, kelezatan dari daging kambing boer juga sangat tak tertandingi.

Oleh karena bobot yang besar hingga tekstur daging yang lezat, hal tersebut menandakan bahwa jenis kambing boer ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan hewan kurban pada saat hari raya idul adha nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.