Pesona Tanaman Anggrek Asal Jateng, Hijaukan Kota Makassar

oleh -13 views
bccab5b5369828e55e11599851f72002
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Namanya kini makin melejit seiring meningkatnya pecinta tanaman hias khususnya anggrek. Tanaman ini populer karena bunga dan daun tampak indah.

Ketua Tim Kerja Karantina Tumbuhan, Cisilia Triwidiyanti mengungkapkan bahwa pesona anggrek Jawa Tengah (Jateng) memang cukup memiliki keistimewaan tersendiri.

Lebih lanjut, adapun keistimewaan tersebut dimulai dari bagian tanaman hingga sukulen yang memiliki aneka keindahan yang cukup unik.

“Pesona anggrek Jawa Tengah memiliki keistimewaan yaitu bagian tanaman tebal dan sukulen sehingga tahan menghadapi kekurangan air, eksotis, unik, langka, daun bunga beraneka bentuk dan warna sehingga memikat hati pencinta tanaman hias untuk mengoleksi, “ungkap Cisilia Triwidiyanti selaku Ketua Tim Kerja Karantina Tumbuhan, Jumat (15/03/2024).

Baca Juga :   Jenis Keladi Hias Unik Ini, Bisa Percantik Pekarangan Rumah

Selain itu, Cisilia juga mengatakan tanaman anggrek ini nantinya diperiksa oleh petugas karantina agar terhindar dari serangan jenis hama serta penyakit.

Pasalnya, jenis tanaman anggrek asal Jateng ini nantinya akan segera diterbangkan menuju Kota Makassar untuk menghiasi sudut perkotaan pada daerah tersebut.

“Anggrek asal Jateng ini nantinya akan diperiksa oleh pejabat karantina agar bebas dari hama serta penyakit sebelum diterbangkan menuju Makassar. Karena anggrek ini akan menghiasi sudut perkotaan disana” lanjutnya.

Sementara itu, Pejabat Karantina yang bertugas di satuan pelayanan Bandara Achmad Yani melakukan pemeriksaan terhadap 5 batang anggrek guna memastikan komoditas tersebut bebas OPTK.

Baca Juga :   Jaga Produksi Tebu, Kementan Pastikan Stok Gula Jelang Lebaran Aman

Satu per satu tanaman diperiksa dan hasilnya diketahui sehat, tidak layu, daun hijau segar, bebas serangga target dan layak ditanam.

“Setelah dinyatakan bebas OPTK maka diterbitkan surat kesehatan karantina dan siap terbang menghijaukan pekarangan Kota Makasar” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.