Ketahui Penyebab Hingga Ciri-Ciri Ayam Kalkun Yang Terkena Stres

oleh -35 views
Ayam Kalkun
Foto : Unsplash

Panennews.com – Ayam kalkun saat ini tengah banyak dipelihara oleh sebagian besar kalangan peternak. Pasalnya, jenis ayam tersebut merupakan salah satu unggas yang memiliki nilai ekonominya cenderung tinggi.

Dalam beternak ayam kalkun, ada banyak halangan serta rintangan yang dapat menyerang ayam tersebut. Salah satunya ayam kalkun terjangkit stres, hal ini harus kita ketahui mulai dari penyebab hingga ciri-cirinya.

Secara garis besar, ayam kalkun stres disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satu penyebab tersebut yaitu pemberian pakan yang kurang akan kandungan nutrisinya, dampak buruk akibat pakan kurang nutrisi menyebabkan ayam kalkun tidak dapat memenuhi gizinya.

Baca Juga :   Usai Diperiksa, Sejumlah Kuda Asal Sulawesi Siap Berpacu Di Madiun

Dengan begitu, ayam kalkun tentunya akan hilang produktivitas hingga kesehatannya. Oleh sebab itu, penyakit hingga stres bisa melanda pada sekujur tubuh ayam kalkun. Disarankan, agar ayam kalkun dapat diberikan pakan dengan kandungan nutrisi lengkap.

Selain itu, kandang yang kotor juga bisa jadi penyebab ayam kalkun terkena stres. Pasalnya, dalam kandang yang kotor tentunya akan menyimpan segudang bakteri hingga virus yang dapat menganggu kekebalan tubuh ayam. Dengan begitu, sehingga ayam kalkun ini dapat terjangkit stres karena ancaman virus yang terdapat pada kandang yang kotor.

Baca Juga :   Jaga Kualitas SBW, Barantan Pangkalpinang Monitoring Rumah Walet

Sementara itu, ciri-ciri ayam kalkun yang terkena stres yaitu dapat membuat ayam lemah hingga lesu. Lebih dari itu, gangguan nafsu makan menurun juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri dari ayam kalkun stres. Pasalnya, ayam yang stres tentunya membuat pencernaan tidak lancar sehingga nafsu makan dapat menurun.

Lebih jauh, ciri-ciri lainnya yaitu ayam kalkun dapat berkurang dalam memproduksi telur dan juga mempengaruhi kualitas dagingnya. Terlebih parahnya lagi, ciri-ciri ayam kalkun yang stres dapat menyebabkan kematian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.