Burung Flamboyan, Asli Indonesia Penghuni Gunung Dan Hutan Tropis

oleh -58 views
istockphoto-1815657650-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Burung flamboyan merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Pasalnya, burung tersebut memang berasal dari Indonesia khususnya pada wilayah Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan.

Burung itu sendiri memiliki nama Latin Alcippe Perhoptera yang berasal dari genus famili Alcippe. Di sisi lain, burung ini juga mempunyai nama lain yaitu Burung Wergan Jawa.

Secara morfologi, bentuk tubuh burung flamboyan biasanya mempunyai ukuran panjang berkisar antara 14 – 15 cm. Tubuhnya ini terdapat bulu yang cenderung lebat dengan beragam aneka warna, biasanya warna bulu itu cukup berkombinasi antara warna abu-abu hingga hitam.

Baca Juga :   Perdana, Pelepasliaran Burung Elang Jawa Di Hutan Konservasi

Selain itu, burung flamboyan juga mempunyai paruh pada bagian mulutnya yang cukup panjang pada bagian wajahnya. Biasanya paruh burung ini bisa mencapai kisaran antara 3 – 5 cm. Di sisi lain, pada bagian wajahnya juga terdapat mata yang indah dan cenderung tajam untuk menatap.

Sementara itu, penyebaran burung flamboyan ini sudah cukup luas. Bukan hanya pada sekitar Sumatera hingga Kalimantan saja, melainkan sudah cukup luas penyebarannya pada wilayah Papua hingga Timor Timur.

Lebih jauh, terlepas dari itu burung ini juga memiliki habitat asli pada sekitar pegunungan hingga kawasan hutan tropis. Pasalnya, burung ini cukup banyak keberadaannya pada wilayah pegunungan hingga hutan tropis.

Baca Juga :   Begini Kriteria Kandang Ideal Yang Cocok Untuk Kambing Kacang

Oleh sebab itu, banyak dari kalangan masyarakat menjuluki burung flamboyan ini sebagai penghuni gunung dan kawasan hutan tropis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.