Begini Kriteria Kandang Ideal Yang Cocok Untuk Kambing Kacang

oleh -115 views
big-european-moufflon-forest-wild-animal-nature-habitat-czech-republic_475641-494
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ada banyak macam jenis kambing lokal Indonesia yang cukup populer salah satunya jenis kambing kacang. Jenis kambing ini penyebarannya sudah cukup tersebar luas hingga penjuru Indonesia dan banyak dipelihara.

Dalam memeliharanya, dibutuhkan kandang sebagai tempat untuk mendukung produktivitas kambing kacang ini. Namun, kandang tersebut harus lah memiliki kriteria yang ideal untuk bisa memenuhi produktivitasnya tersebut.

Secara umum, kriteria kandang yang cocok untuk kambing kacang yaitu bersih, terkena sinar matahari cukup, dan teduh. Biasanya kandang ini terbuat dari bahan material meliputi bambu yang bisa digunakan untuk tiang utama, kayu sebagai dindingnya, dan juga seng sebagai tumpuan atap dari kandang tersebut.

Baca Juga :   Selain Daun, Kacang-Kacangan Juga Baik Untuk Pakan Ternak

Selain itu, biasanya kandang ideal juga mempunyai ukuran lebar kandang berkisar antara 120 cm dengan panjangnya dikisarkan 150 cm per-ekor, adapun ketinggian dari kandang tersebut bisa berkisar antara 10 hingga 70 meter. Hal tersebut tentunya dinilai baik untuk menunjang produktivitas kambing kacang agar lebih jauh tumbuh kembangnya.

Lebih lanjut, pada kandang tersebut buat lah lubang yang berfungsi dan berguna untuk pakan kambing, biasanya pada lubang tersebut kambing kacang dapat menyantap makanannya jauh lebih nikmat. Adapun kandang tersebut juga harus tersedia fentilasi dan juga ruang udara agar kambing kacang bisa menghirup udara segar, hal ini dan yang disebutkan diatas jadi faktor kandang kambing kacang ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.