Barantan Medan Fasilitasi Ekspor Perdana Buah Manggis Ke Tiongkok

oleh -35 views
5(1)
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Badan Karantina Pertanian (Barantan) Medan melakukan bimbingan teknis kepada karyawan PT. Erga Buana Kencana.

Adapun hal ini terkait perlakuan terhadap media pembawa buah manggis yang akan diekspor ke Negara Tiongkok. Bimbingan teknis ini dilakukan secara langsung di Packing House Jalan Williem Iskandar, Medan Tembung, Kota Medan, Rabu (20/12/2023).

Pejabat karantina tumbuhan memberikan bimbingan terkait sortasi hingga penyimpanan buah manggis yang akan dikirim.

Tahap demi tahap dijelaskan dan dipraktikan oleh pejabat karantina tumbuhan agar seluruh pekerja paham dan media pembawa buah manggis layak kirim.

Baca Juga :   Wah, Ternyata Aroma Wanginya Kue Karena Daun Ini

Rencananya media pembawa buah manggis akan dikirim esok hari melalui jalur udara dengan berat keseluruhan 2,5 ton. Pengiriman ini menjadi yang perdana dan telah mendapat persetujuan dari GACC.

Bimtek dilakukan sekaligus dengan pemeriksaan media pembawa buah manggis karena suply buah dari kebun dilakukan pada pagi hari.

Hal ini sebagai bentuk efisiensi agar buah tidak lerlalu lama didiamkam dalam penyimpanan. Ferry Simanjuntak selaku Subkoord Karantina Tumbuhan menjelaskan bahwa proses yang dilakukan sebelum dikirim menjadi hal yang penting karena akan berdampak pada pengiriman berikutnya.

“Untuk mengantisipasi NNC, pejabat kami harus benar-benar memastikan buah manggis tersebut bebas dari OPTK. Akan menjadi sia-sia bilamana pekerja disini tidak dibekali pengetahuan tentang syarat buah manggis yang bisa masuk negara tujuan”, Jelas Ferry.

Baca Juga :   Temui Eksportir Beras India, Indonesia Dorong Ketersediaan Beras Nasional

Senada dengan Ferry, Plt Kepala Suwandi yang juga hadir dalam pembinaan ini mendukung dan siap mendampingi pelaku usaha di sektor pertanian.

“Kami berkomitmen untuk bisa membantu pelaku usaha bilamana butuh pendampingan agar produknya bisa Go Internasional dan ini akan menjadi pengiriman perdana, sehingga benar-benar kami pastikan kesehatan media pembawa tersebut”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.