Provinsi Aceh Besar Panen Bawang Merah Di Luas Lahan 5 Hektare

oleh -25 views
Bawang Merah
Ilustrasi Bawang Merah Foto : Freepik

Panennews.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, menyambangi lahan petani bawang merah sekaligus melakukan panen bawang merah di luas lahan 5 hektare.

Adapun kegitan panen bawang merah ini dilakukan di Gampong Saney, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Rabu (20/12/2023).

Dalam kesempatan meninjau lahan bawang milik warga seluas 5 hektare itu, Iswanto tampak menyemangati para petani yang sangat senang, aktifitas tani bawang mereka ditinjau langsung oleh Pj Bupati Muhammad Iswanto.

Tampak para petani berdialog lepas dengan figur nomor satu Aceh Besar itu, yang dalam kesempatan tersebut didampingi Kadistan M Jafar serta Kabag Prokopim Imam Munandar.

Baca Juga :   Ingin Menanam Jagung, Ketahui Dulu Ciri Benih Jagung Yang Berkualitas

Pada kesempatan itu Pj Bupati Aceh Besar secara terbuka mengapresiasi usaha diversifikasi tanaman yang dilakukan oleh kelompok tani bawang Kreasi Baru di Saney.

“Ini juga bagian dari upaya ketahanan pangan dan maksimalisasi penggunaan lahan. Selain itu produk yang dihasilkan juga berkualitas. Usaha ini pantas untuk dicontoh kelompok tani lain, terutama untuk meningkatkan pendapatan serta penggunaan lahan secara efektif dan intensive,” tutur Iswanto seraya mengakui kualitas bawang yang dihasilkan di lahan berkarang ini sangat bagus dengan warna sangat cerah.

Lebih lanjut, Pj bupati mengharapkan dengan keuletan petani di Saney dapat mendongkrak produksi bawang merah maupun kebutuhan pangan lainnya di Kabupaten Aceh Besar.

Baca Juga :   Daerah Rawan Banjir, Kementan Minta Pemprov Lampung Pakai AUTP

Khususnya, maupun nasional yang sejalan arah pembangunan pemerintah saat ini yang tengah gencar dalam menggenjot ketahanan pangan.

Selain itu, Iswanto juga menuturkan komitmen Pemerintah Aceh Besar akan terus mendampingi petani, agar tercapai kemandirian untuk memproduksi pangan.

Dalam kesempatan tersebut, kadis Pertanian juga ikut mengapresiasi petani bawang di Gampong Saney yang menurutnya tidak pernah mengecewakan.

“Hampir setahun sampai tiga atau empat kali kita mengunjungi petani disini, tapi hasilnya selalu membanggakan. Sehingga Kelompok Tani Kreasi Baru ini, pantas jadi contoh yang baik dalam menanam bawang merah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.