Jelang Masa Tanam, Temanggung Siapkan Bantuan Benih Tembakau

oleh -12 views
Ilustrasi Tanaman Tembakau
Ilustrasi Tanaman Tembakau - Foto : Pixabay/12019

Panennews.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyiapkan bantuan benih tembakau 100-120 kilogram untuk petani.

Adapun hal itu diupayakan untuk menjelang pada masa tanam 2024. Manfaatnya, untuk peningkatan produksi tembakau.

Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan DKPPP Kabupaten Temanggung Sumarno di Temanggung, menyampaikan bantuan benih tembakau tersebut untuk tanaman tembakau unggulan lokal, khususnya Kemloko 1, 2, 3, 4, 5, dan Kemloko 6.

“Benih tembakau itu diberikan gratis kepada petani/kelompok tani yang mengajukan kepada DKPPP Kabupaten Temanggung, kami layani untuk mereka yang datang dengan rekomendasi dari teman-teman PPL yang ada di kecamatan,” katanya, Rabu (24/04/2024).

Baca Juga :   Petai Cina, Tumbuhan Kecil Dengan Rasa Unik

Ia menyampaikan, mekanisme untuk mendapatkan bantuan, kelompok tani bisa mengajukan ke dinas melalui penyuluh, jadi biar bisa terkawal oleh teman-teman yang ada di lapangan.

“Biasanya mereka membawa surat pengantar kepada dinas, kemudian nanti di sini kita layani sesuai dengan permintaan yang diajukan,” imbuhnya.

Ia menuturkan, sampai saat ini, tercatat ada 32 kilogram yang sudah tersalurkan kepada petani/kelompok tani. Kemudian hari ini masih ada permintaan dari kelompok tani dari Desa Kemloko, Kecamatan Tembarak.

“Untuk daerah utara, seperti Kecamatan Tretep, saat ini sudah menanam tembakau, sedangkan untuk daerah selatan seperti Kecamatan Tembarak, masih menebar benih,” terangnya.

Baca Juga :   Bantu Petani Di Musim Tanam, Kementan Revisi Aturan Pupuk Subsidi

Menurutnya, luas tanaman tembakau untuk Kabupaten Temanggung masih tetap tinggi, hanya saja memang terjadi penurunan luasan tanam, yakni tahun 2021 seluas 18.300 hektare, tahun 2022 sekitar 16.000 hektare, dan tahun 2023 seluas 14.700 hektare.

“Ada penurunan dan nampaknya bergeser ke tanaman hortikultura, khususnya sayuran, utamanya cabai,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.