Sisa Sapi Qurban Asal NTB Tak Dipulangkan ke NTB

oleh -6 views
sapi-sapi asal NTB
Sapi-sapi asal NTB - Foto : Istimewa

Panennews.com – 2.500 sisa sapi kurban asal NTB yang tidak terjual saat Idul Adha di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Tanggerang (Jabodetabek) dipastikan tidak dipulangkan ke NTB.

“Saat ini masih dipelihara di Balaraja, Tangerang, Jawa Barat. Nanti dijual saat Idul Adha tahun depan,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Muhamad Riadi.

Menurutnya, usai Idul Adha, setidaknya ada 2.500 ekor sapi dari Provinsi NTB tidak laku terjual. Kondisi ini mengakibatkan kerugian bagi pelaku usaha ternak, sehingga muncul wacana untuk memulangkan kembali sapi-sapi itu ke NTB.

Baca Juga :   Kementan Sebut Surat SKKH Jadi Jaminan Kesehatan Ternak

Kondisi yang terjadi ini direspon Dirjen Peternakan Hewan, Kementerian Pertanian, yang kemudian berkoordinasi dengan Disnakkeswan. Riadi mengatakan, Sekretaris Ditjen PKH Kementan akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak di Jabodetabek, mengupayakan sisa hewan ternak untuk kurban, bisa diserap sejumlah BUMD, terutama BUMD dengan skala besar.

“Terakhir itu 129 ekor. Itu yang kemudian dipelihara dulu di sana. Hewan ternak yang tidak laku terjual memang sebaiknya tidak kembali ke NTB. Sebab ada potensi penularan penyakit, seperti Lumpy Skin Disease (LSD) dari Pulau Jawa. Syarat lalu lintas ternak dari Jawa menuju NTB juga cukup sulit.

Baca Juga :   Program IMAM Kementan, Tingkatkan Peternakan Di Banyuasin

Mulai dari pemberian vaksin LSD hingga menjalani tes PCR individu yang biayanya mencapai Rp400 ribu. Sapi-sapi ini juga tidak bisa langsung diberangkatkan, harus lebih dulu menjalani karantina.

Disnakkeswan NTB sebenarnya telah menyiapkan langkah antisipasi kalau sisa hewan ternak dipulangkan.

Kabid Kesehatan Hewan Disnakeswan NTB drh Muslih mengatakan, antisipasi LSD harus dilakukan, apalagi hingga saat ini Provinsi NTB masih zero kasus LSD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.