Gejala Penyakit Mata Bengkak Pada Cupang, Berikut Cara Mengatasinya

oleh -32 views
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo - Foto : Pinterest

Panennews.com – Kepopuleran ikan cupang memang sudah tidak diragukan lagi, semua kalangan pasti mengenal jenis ikan hias yang satu ini. Terlebih, jenis ikan tersebut memiliki tampilan dengan warna menarik dan cukup mudah dalam perawatannya.

Di sisi lain, ikan tersebut pun cukup rentan terhadap berbagai serangan penyakit yang salah satunya penyakit mata bengkak. Penyakit mata bengkak kerap menyerang ikan cupang dengan ditandainya berbagai macam gejala.

Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit mata bengkak yaitu bisa dipastikan mata ikan cupang bengkak. Biasanya pembengkakan tersebut hanya menyerang pada bagian satu mata saja, namun lama kelamaan bengkak tersebut pun dapat menyerang bagian mata ikan cupang satunya lagi.

Baca Juga :   Benarkah Jenis Ikan Tambera Aman Untuk Di Konsumsi

Selain itu, ikan menjadi kurang aktif dan pasif dalam pergerakannya. Biasanya ikan yang terserang penyakit ini menimbulkan gejala ikan yang hanya cenderung berdiam diri disatu tempat saja, hal ini pun menjadi gejala ikan cupang terserang penyakit mata bengkak. Pasalnya, pada pembengkakan mata tersebut menjadikan ikan cupang lemah dalam melakukan pergerakannya.

Sementara itu, cara mengatasi penyakit mata bengkak yang melanda ikan cupang salah satunya yaitu ganti lah air akuarium secara berkala. Biasanya penggantian air dapat dilakukan dalam kurun waktu berkisar antara 1 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga :   Kenali Jenis Pakan Alami Ikan Hias, Bergizi Lengkap Dan Mudah Dicerna

Lebih lanjut, setelah mengganti air akuarium tersebut. Berikan juga antibiotik dan vitamin yang dibutuhkan ikan cupang ke dalam akuarium ikan, hal ini dilakukan agar air tersebut tidak terkontaminasi oleh berbagai macam virus dan air tersebut pun tetap bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.