Polresta Kupang Kota Kembangkan Budidaya Lele Untuk Dukung Ketahanan Pangan Keluarga

oleh -9 views
Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna
Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Rishian Krisna meninjau kolam budidaya ikan lele.(Panennews.com/ Sony Taolin)

Panennews.com – Polresta Kupang Kota, NTT saat ini sementara membudidayakan ikan lele di Kota Kupang. Kiat yang ditangani langsung melalui anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) ini untuk untuk mendukung ketahanan pangan dan pemenuhan gizi keluarga.

“Untuk mendukung program pemerintah yakni ketahanan pangan, kami melakukan inovasi melalui program budidaya bibit ikan lele. Saat ini sudah berjalan dan anggota Bhabinkamtibmas kami tunjuk sebagai Pembina dilapangan,” kata Kapolresta Kupang Kota Kombes Rishian Krisna,  Rabu (22/3/2023).

Program budidaya ikan lele ini jelas Kombes Rishian Krisna dilakukan oleh setiap anggota Bhabinkamtibmas pada 51 Kelurahan di Kota Kupang.

“Progam ini kami laksanakan di 51 Kelurahan yang ada di Kota Kupang. Untuk tahap pertama ini setiap kelurahan kami jatah 1.000 ekor bibit ikan lele. Anggota Bhabinkamtibmas bertanggungjawab bersama kelompok binaan, dengan jangka waktu tiga bulan pemeliharaan sampai panen,” jelasnya.

Baca Juga :   Ayam 'Monster' Bernama Cochin

Menyangkut anggaran bibit ikan lele ini, sebut Kombes Rishian Krisna bersumber dari anggaran yang diperuntukkan bagi personel Bhabinkamtibmas sebesar Rp 1,3 juta yang sepenuhnya dikelola oleh anggota Bhabinkamtibmas yang bersangkutan.

“Pengadaan bibit lele ini sumber danannya milik Bhabinkamtibmas, kemudian dikelola oleh masyarakat untuk pembudidayaan ikan lele. Hasilnya sepenuhnya menjadi hak dari pemilik modal bersama warga setempat,” katanya.

Program budidaya ikan lele lanjut Kombes Rishian akan terus berlanjut kepada masyarakat lain untuk menopang perekonomian warga di Kelurahan tersebut.

Baca Juga :   Kenali 3 Jenis Kucing Dengan Karakteristik Penyayang

Lebih lanjut, alasan memilih ikan lele untuk program budidaya, karena sangat mudah untuk dilakukan. menuurtnya ini karena lele jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan iklim di Kota Kupang.

Sementara itu, dari sisi kesehatan kata Kombes Rishian, ikan lele mempunyai kandungan nilai gizi yang cukup tinggi.

“Kandungan gizi ikan lele cukup bagus untuk kesehatan. Karena itu hasil dari budidaya ikan lele ini selain kadar gizinya bagus juga dari sisi ekonomi akan mampu tingkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Kupang,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.