Ayam ‘Monster’ Bernama Cochin

oleh -20 views
Ayam Cochin
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Jenis ayam dikenal sangat bermacam-macam. Mulai dari tipe ayam lokal hingga dari negeri lain. Bila kebanyakan ayam memiliki ukuran sedang dengan bulu yang sedang juga. Beda halnya dengan jenis ayam cochin.

Bentuk ayam yang berasal dari China ini dikenal memiliki keunikan tersendiri. Unggas yang satu ini tergolong besar dengan bulu yang juga lebat. Bahkan bulu yang lebat demikian sampai menutupi kaki si ayam.

Ciri khas dari ayam jenis ini memang dikenal dengan bulunya yang lebat. Bulu tersebut membalut keseluruhan ayam bahkan sampai ke kaki. Sedangkan jenggernya terlihat nampak seperti sisir. Meski begitu ayam cochin memiliki produktivitas telur yang jauh lebih sedikit dari pada tipe lain.

Produktivitas yang yang sedikit demikian maka dari itu penetasan dengan alat bantu lebih disarankan. Ayam ini juga dibagi menjadi dua jenis lain yakni Bantam yang berukuran sedang dan Giant yang tentunya berukuran besar.

Jenis Giant lebih dimanfaatkan untuk diambil dagingnya sedangkan Bantam banyak digunakan untuk hewan peliaran hias. Anda yang ingin membudidayakannya harus memperhatikan betul setiap detailnya termasuk baik itu kandang maupun pakan.

Usahakan memberi cochin pakan yang bergizi. Pakan nutrisi tinggi bisa menyesuaikan dengan umur peliharaan. Jika masih kecil cukup beri BR dan voor. Saat dewasa bisa diberi dedak, jagung, padi dan lain-lain. Jangan lupa selalu jaga kebersihan kandang untuk ayam yang berasal dai China ini.