Jawa Randu, Jenis Kambing Cocok Untuk Kurban

oleh -358 views
pexels-pixabay-144240
Foto : Pexels

Panennews.com – Kambing jawa randu merupakan salah satu jenis kambing hasil persilangan dari jenis etawa dan jenis kacang. Kambing tersebut asli dari daerah Cilacap, Jawa Tengah yang tengah menjadi ikon kota Cilacap.

Kambing ini biasanya banyak dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan Bligon, Gumbolo, Koplo, dan Racukan. Adapun kambing tersebut cukup terkenal dengan postur tubuh dan beratnya maksimal.

Secara genetik, kambing tersebut mempunyai postur tubuh tinggi berkisar antara 65 cm pada kambing yang dinilai dewasa. Adapun dengan berat badannya kambing ini bisa mencapai kisaran 30 – 50 kg dengan bentuk wajah yang unik yaitu cenderung moncong dan terlihat lancip.

Baca Juga :   Tips Mudah Meningkatkan Nafsu Makan Pada Kelinci

Kambing jenis ini mempunyai kemampuan yang tergolong lincah dan mereka bisa berpindah-pindah dengan cepat. Adapun pakan jenis kambing tersebut tidak hanya makan rerumputan hijau saja, namun juga bisa memakan daun-daunan bahkan biji-bijian.

Sementara itu, warna kambing tersebut cukup bervariasi dimulai dari warna coklat, hitam, bahkan putih belang. Adapun munculnya warna yang bervariasi ini tergantung dari dominasi gen dari induknya masing-masing.

Selain itu, kambing ini juga dikenal sebagai penghasil susu terbanyak dan mempunyai kualitas daging cukup maksimal. Semakin besar ukuran badan kambing semakin besar pula komposisi dagingnya, daging kambing jawa randu juga mempunyai tekstur daging yang dinilai empuk, khas, dan lebih nikmat ketika sudah diolah. Hal tersebut menjadikan jenis kambing ini cocok untuk kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.