Bantuan Ternak Ayam, Tekan Angka Kemiskinan Di Kabupaten Sumedang

oleh -8 views
Ilustrasi Ternak Ayam Joper
Ilustrasi Ternak Ayam Joper - Foto : IG/hobi_ternak

Panennews.com – Semua Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Sumedang akan mendapatkan bantuan ayam dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang.

Kepala Diskanak Kabupaten Sumedang Tono Suhartono mengatakan, untuk bantuan ayam ini nantinya satu desa/kelurahan satu kelompok.

“Untuk kelompoknya dibentuk oleh desa dimana syaratnya anggota kelompok adalah keluarga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dibuktikan dengan surat keterangan yang ditanda tangan oleh kepela desa,” jelas Tono, Senin (08/04/2024).

Dijelaskan Tono untuk kelompok setiap desanya akan mendapatkan bantuan 44 ekor ayam terdiri dari 40 ekor ayam betina dan 4 ekor ayam jantan.

Baca Juga :   Bikin Gacor, Ini Dia Pakan Terbaik Burung Love Bird

“Karena satu desa 44 ekor, maka untuk 277 desa/kelurahan akan ada sekitar 12.188 ekor ayam yang akan disebar,” tambahnya.

Untuk ayam bantuan ini nantinya akan dibuatkan dalam satu kandang yang sama dan dipelihara secara bersama sama oleh anggota kelompok. Ditambahkan Tono adapun jenis ayam yang akan diberikan yaitu ayam sentul yang sudah siap bertelur.

“Bantuannya ayam sentul karena ayam ini memiliki kelebihan antaralain pakan mudah, tahan penyakit dan dalam umur 20 minggu sudah bisa bertelur setiap hari,” katanya.

Baca Juga :   Agar Panen Maksimal, Begini Cara Memilih Bibit Ayam Petelur

Dari hasil telur ayam tersebut nantinya bisa dijual dan turut meningkatkan pendapatan anggota kelompok, sehingga diharapkan dapat turut menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang.

“Hasil telur ayam nantinya akan dijual dan turut meningkatkan pendapatan. Oleh sebab itu, ini merupakan jadi solusi dalam menurunkan angka kemiskinan khususnya di Sumedang” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.