Agar Panen Maksimal, Begini Cara Memilih Bibit Ayam Petelur

oleh -12 views
Ilustrasi Peternakan Ayam
Peternakan Ayam - Foto: IG/broilerfarm

Panennews.com – Ayam petelur hingga saat ini tengah banyak dipelihara hingga diternak oleh sebagian masyarakat. Pasalnya, memelihara ayam petelur ini memiliki banyak keuntungan dari sisi ekonominya.

Sebelum memelihara ayam petelur, diperlukan pemilihan bibit yang berkualitas agar ke depan menghasilkan panen maksimal. Oleh sebab itu, ketahui lah cara pemilihan bibit ayam petelur yang baik.

Secara garis besar, bibit unggas seperti ayam petelur yang berkualitas baik memiliki sejumlah kriteria. Adapun hal ini bisa dilihat pada bagian jengger yang tidak kasar, biasanya bibit ini mempunyai kualitas baik.

Baca Juga :   Pakar UGM Kembangkan Rumput ‘Hulk’, Pakan Unggulan untuk Tingkatkan Produktivitas Ternak

Pasalnya, jengger yang tidak kasar dipercayai bahwa bibit ayam tersebut sangat sehat. Oleh sebab itu, cara yang pertama yaitu pilih bibit ayam petelur dengan jengger yang tidak kasar.

Selain itu, pilih juga bibit ayam dengan mata yang cenderung bersih hingga jernih serta tidak adanya mata kemerahan dan juga mata tersebut pun tidak berair.

Hal itu dipercayai oleh sebagian masyarakat bahwa, bibit ayam anakan ini yang memiliki mata bersih cukup tergolong sehat. Oleh sebab itu, cara selanjutnya yaitu pilih bibit dengan mata yang bersih berkilau.

Baca Juga :   Tips Ternak Sapi Totol Hitam Perah Yang Mudah Bagi Pemula

Lebih lanjut, kriteria bibit ayam petelur yang berkualitas baik juga memiliki bulu yang sehat dan tidak rontok. Pasalnya, bulu yang tidak rontok menandakan bahwa ayam tersebut sehat dan tidak terserang penyakit.

Sedangkan bulu bibit ayam petelur yang sudah rontok, biasanya memiliki riwayat penyakit kronis yang bisa menganggu pertumbuhan hingga produktivitas ayam.

Lebih jauh, memilih bibit ayam petelur dengan jengger yang tidak kasar, mata yang berkilau, dan juga bulu yang tidak rontok dipercayai ayam itu sehat dan bisa meningkatkan produktivitas ayam agar hasil panennya maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.