Meski Cabai Turun, Harga Tomat Melonjak Naik Di Bojonegoro

oleh -6 views
buah_tomat
Foto : Panen News

Panennews.com – Guna memastikan harga dan stok kebutuhan pokok stabil menjelang lebaran Idul Fitri tahun 2024 ini.

Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto bersama Forkopimda, Sekretaris Daerah, Bulog, dan beberapa OPD terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Kota Lama, Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) dan juga ke Pasar Sumber Rezeki Desa Kapas hati ini Senin (08/04/2024).

Sidak diawali dengan mengunjungi Toko Tekan Inflasi Bojonegoro (Tokenbro) di Pasar Kota Lama. Toko ini milik pemerintah di bawah naungan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Dindagkop UM) Kabupaten Bojonegoro.

Pj Bupati Adriyanto menjelaskan bahwa dengan adanya Tokenbro diharapkan inflasi di Kabupaten Bojonegoro bisa terkendali dan ketersediaan bahan pokok terjaga.

Toko ini menjual produk Bulog yaitu beras serta beberapa produk lain seperti gula pasir dan minyak goreng dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Baca Juga :   BI Bali Kendalikan Inflasi Dengan Membagikan Bibit Cabai

Pj Bupati Adriyanto juga menyampaikan bahwa dari sisi ketersediaan beras dipastikan akan tercukupi selama bulan Ramadhan.

Pemkab Bojonegoro bersama Bulog Bojonegoro terus melakukan pemantauan terhadap produk yang sekiranya perlu diwaspadai terutama kelangkaan kebutuhan pokok menghadapi lebaran.

Sidak selanjutnya adalah Pasar Kapas dan berdialog langsung dengan pedagang terkait stok pangan dan harga beberapa kebutuhan pokok.

Diantaranya harga cabai, tomat, telur, hingga daging ayam dan daging sapi. Rombongan juga datang langsung ke SPBE untuk meninjau stok dan harga elpiji.

“Untuk masyarakat diimbau untuk membeli tabung gas di pangkalan agar mendapatkan harga sesuai HET yakni Rp16.500 untuk tabung gas isi 3 kilogram,” ucap Pj Bupati Adriyanto.

Baca Juga :   Stok Capai 87 Ribu Ton, Ketersediaan Beras Di Jawa Barat Masih Aman

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Helmy Elizabeth menyampaikan bahwa hasil sidak hari ini dari dua pasar, harga bahan pokok hampir sama.

Harga Cabai keriting dan cabai rawit merah Rp 25.000 per kilogram, telur stabil antara Rp 25.000 hingga Rp 26.000 perkilogram, tomat yang harganya masih mahal mencapai Rp 30.000 per kilogram.

“Untuk itu, Pemkab Bojonegoro terus melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM). Dalam minggu ini ada tiga kali GPM. Selain itu Disdagkop UM juga menggelar pasar murah. Masyarakar diharap merealisasikan instruksi Bapak Pj Bupati agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman seperti cabai dan tomat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.