Panen Telur Itik Di Pasbar, Penuhi Stok Pangan Hewani Masyarakat

oleh -12 views
Telor Bebek
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Belakangan ini kita disibukkan dengan permasalahan inflasi yakni kondisi sulit dan mahalnya harga kebutuhan pokok termasuk telur, cabai, bawang dan lainnya.

Hari ini merupakan salah satu upaya nyata yang kita lakukan dalam mengendalikan inflasi, memajukan daerah serta memanfaatkan seluruh potensi yang ada.

Kita berharap, budidaya nabati dan hewani ini ada di setiap nagari seperti Aia Gadang, Kapa, Aua Kuniang, Sasak dan nagari lain yang telah menerapkan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi saat menghadiri Panen Raya Itik Petelur (Kegiatan Ketahanan Pangan Hewani/Nabati), di Jalur IV Barat, Jambak Selatan, Kecamatan Luhak Nan Duo, Senin (04/03/2024).

Bupati Hamsuardi mengungkapkan bahwa seluruh nagari di Pasbar memiliki potensi, baik hewani maupun nabati. Ia menghimbau semua pihak bersama memikirkan nagari sebab yang dilakukan hari itu merupakan cita-cita bersama sejak dulu.

Baca Juga :   Bangau, Burung Paruh Besar Dengan Habitatnya Di Lahan Basah

Lebih lanjut, jika potensi di setiap nagari sudah diberdayakan lanjutnya, maka masyarakat tidak perlu membeli ke luar daerah.

“Kita yakinkan bahwa masyarakat mau, bersama dalam memajukan daerah dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada. Mari budidaya itik, ayam, ikan, serta memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayuran, buah dan lain sebagainya,” jelasnya.

Di samping itu, Tenaga Ahli Erwin Sukma berharap panen raya itu berkelanjutan sesuai prinsip ketahanan pangan. Kelompok mengelola bisa menyebarluaskan, sehingga kelompok tani dapat bertambah dan hasil dari budidaya itik petelur dan hasil dari budidaya itik maupun ayam dan lainnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca Juga :   Sanca Hijau, Ular Asli Papua Terancam Punah

“Sesuai aturannya, 20 persen dana desa dialokasikan untuk ketahanan pangan hewani maupun nabati. Kita berharap kelompok tani bekerjasama dengan BUMN. Hal ini kita lakukan untuk memajukan daerah dan membantu masyarakat terutama menjangkau masyarakat miskin,” ucapnya.

Atas nama Pemerintah Nagari Koto Baru, Pj Wali Nagari Koto Baru Syamsul Bahri mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Hamsuardi beserta rombongan. Ia menyebutkan budidaya itik petelur itu bersumber dari Dana Desa TA 2023 sebesar Rp 184.000.000.

“Menurut informasi, beberapa waktu lalu 12 orang kelompok tani bisa panen 240 butir telur dalam 1 hari. Alhamdulillah sudah dipasarkan, kegiatan ini hendaknya bisa berlanjut dan memunculkan ekonomi kreatif dalam masyarakat kita,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.