2023, Terjadi Peningkatan Produksi Padi Cukup Besar Di NTB

oleh -13 views
Wahyudin
Kepala BPS NTB Wahyudin. (Panennews.com/Hernawardi)

Panennews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB merilis angka tetap (Atap) produksi komoditas pertanian NTB selama tahun 2023, diantaranya produksi padi.

Kepala BPS Provinsi NTB, Wahyudin, dalam keterangan persnya, Jumat (01/03/2024) menyatakan, pada 2023, luas panen padi mencapai sekitar 287,51 ribu hektare dengan produksi padi sebesar 1,54 juta ton gabah kering giling (GKG).

Peningkatan produksi padi yang cukup besar pada 2023 terjadi di beberapa wilayah potensi penghasil padi seperti Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Dompu.

Baca Juga :   Wapres Berikan Apresiasi Kemajuan Sektor Pertanian Indonesia

Lebih lanjut, hanya Kota Mataram yang mengalami penurunan produksi. Tiga kabupaten/kota dengan total produksi padi (GKG) tertinggi pada 2023 adalah Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Lombok Timur.

Sementara itu, tiga kabupaten/kota dengan produksi padi terendah yaitu Kabupaten Lombok Utara, Kota Mataram, dan Kota Bima.

Berdasarkan potensi produksi padi pada awal tahun 2024, beberapa kabupaten/kota dengan potensi produksi padi (GKG) tertinggi pada Januari hingga April 2024 adalah Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga :   Ekspor Daun Talas Ke Amerika, Jadi Nilai Tambah Ekonomi Masyarakat Banten

Sementara, tiga kabupaten/kota dengan potensi produksi padi terendah pada periode yang sama yaitu Kabupaten Lombok Utara, Kota Mataram, dan Kota Bima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.