Limbah Budidaya Sukun, Jadi Pakan Alternatif Ternak Di Sulsel

oleh -24 views
Buah Sukun
Buah Sukun - Foto : Pixabay/juhele

Panennews.com – Budidaya tanaman hortikultura, seperti pisang cavendish, sukun, dan nangka madu, ternyata tidak hanya untuk ketahanan pangan.

Tetapi, limbah pertanian juga bisa digunakan sebagai pakan ternak. Hal ini sangat diaplikasikan pada daerah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) Kabupaten Soppeng, Erman Asnawi, di sela kunjungan Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Bupati Soppeng Kaswadi Razak, di Desa Belo, Kecamatan Ganra.

Kunjungan Pj Gubernur Bahtiar ini dalam rangka budidaya sukun, yang juga digalakkan hingga ke Kabupaten Soppeng.

Baca Juga :   Punya Kucing Anggora Di Rumah, Begini Tips Merawatnya

Erman Asnawi, mengatakan, selain sebagai bahan pangan, limbah tanaman sukun dapat digunakan sebagai pakan alternatif ternak.

Hal ini tentunya akan sangat membantu, untuk mengatasi keterbatasan jumlah pakan dan nutrisi yang berasal dari rumput.

“Ini akan sangat membantu dalam mengatasi keterbatasan jumlah pakan dan nutrisi yang berasal dari rumput. Dalam konteks ini, limbah pertanian dapat menjadi solusi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan pakan dan nutrisi ternak,” kata Erman, Senin (29/01/2024).

Lahan untuk kebun rumput, kata Erman, sudah semakin tipis. Masyarakat peternak saat sekarang menggunakan jerami sebagai bahan utama peternakan. Tetapi, kualitasnya rendah sehingga perlu ditambahkan nutrisi lain.

Baca Juga :   Ketahui Jenis Pakan Tambahan Ini, Bikin Burung Berkicau Merdu

Sementara itu, Erman mengatakan saat ini pihaknya tengah menanam dan membudidayakan sukun. Hal ini menurutnya sangat bermanfaat untuk pakan ternak, karena sukun menurutnya lagi memiliki banyak kandungan nutrisi untuk ternak.

“Hari ini kita menanam sukun. Itu limbah vegetasinya kalau dipangkas, bisa menjadi pakan yang bagus untuk ternak,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.