Dianggap Sama, Ini Perbedaan Jeruk Pamelo Khas Pati Dengan Jeruk Bali

oleh -77 views
Jeruk pamelo yang siap jual di gudang milik Nurul Huda. (Panennews.com/Ahmad Muharror)
Jeruk pamelo yang siap jual di gudang milik Nurul Huda. (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Buah jeruk sudah cukup terkenal yang tumbuh pada negara-negara tropis. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis-jenis jeruk, salah satunya jeruk pamelo.

Jeruk khas Kabupaten Pati ini jika dilihat tampilan hingga ukurannya pun cenderung mirip dengan jeruk bali. Oleh sebab itu, banyak masyarakat menganggapnya sama meski ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Jika ditarik benang lurusnya, ukuran jeruk pamelo ini cenderung lebih kecil ketimbang jeruk bali. Ukuran diameter jeruk pamelo ini biasanya berkisar antara 14 cm, dengan beratnya bisa mencapai kisaran antara 1 – 3 kilogram. Sedangkan ukuran diameter jeruk bali biasanya 15 cm dengan beratnya hingga mencapai 1 – 5 kilogram.

Baca Juga :   Cara Ampuh Mengatasi Hama Bekicot Yang Menyerang Tanaman

Selain itu, bentuk dari kedua jenis jeruk itu pun juga cenderung berbeda. Jeruk pamelo memiliki bentuk bulat cenderung lonjong keatas, sedangkan jeruk bali memiliki bentuk bulat yang agak pipih. Hal ini amat berbeda jika disandingkan pada kedua jenis jeruk tersebut.

Lebih lanjut, setelah mengetahui perbedaan ukuran dan bentuknya. Tekstur kulit pada kedua jenis jeruk tersebut pun cenderung berbeda, biasanya jeruk pamelo memiliki kulit yang kasar dan tumbuh pori-pori pada sebagian kulitnya. Sedangkan jeruk bali memiliki tekstur kulit halus serta tidak banyaknya pori-pori disekujur kulitnya.

Baca Juga :   Dokumen Lengkap Bebas Hama, 730 Ton Biji Sawit Aman Masuk Bitung

Sementara itu, cita rasa dari kedua jenis jeruk pun juga cenderung berbeda. Jeruk pamelo memiliki cita rasa yang manis serta menyegarkan jika dibandingkan dengan jeruk bali, adapun jeruk bali mempunyai cita rasa manis cenderung asam.

Oleh sebab itu, banyak dari kalangan masyarakat menilai kedua jenis jeruk itu memiliki kesamaan. Namun, ternyata jeruk pamelo dan jeruk bali ini mempunyai perbedaan yang cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.