Mengenal Anggrek Kelip, Tanaman Endemik Kalimantan Yang Memukau

oleh -37 views
White orchids with pink center spot in flowery printed ceramic pot
Foto : Pixabay

Panennews.com – Anggrek kelip merupakan salah satu jenis tanaman hias yang keberadaannya banyak kita jumpai pada Pulau Kalimantan. Biasanya jenis tanaman ini dapat tumbuh subur pada wilayah pekarangan hingga semak belukar.

Tanaman endemik Kalimantan tersebut memiliki nama Ilmiah Phalaenopsis Belina ini masih tergabung ke dalam suku famili anggrek-anggrekan. Biasanya spesies dari jenis anggrek tersebut memiliki tampilan yang memukau.

Secara morfologi, anggrek kelip dapat tumbuh pada habitat aslinya dengan ukuran panjang berkisar antara 20 – 50 cm. Batangnya berwarna hijau dengan tekstur lunak, pada bagian bawah batang biasanya memiliki akar serabut yang cukup lebat dan mampu bertahan akar tersebut pada setiap keadaan hujan maupun kekeringan.

Baca Juga :   Selain Wangi, Bunga Kacapiring Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Selain itu, tanaman ini juga memiliki daun yang cenderung tebal dan segar. Bentuknya yang lonjong serta terkadang mempunyai gelombang tak jarang, biasanya daun tersebut juga mempunyai ukuran panjang berkisar antara 2 – 5 cm. Sedangkan lebar dari daun tersebut hingga mencapai kisaran 5 cm.

Sementara itu, anggrek kelip ini memiliki bunga indah yang tumbuh secara beraturan pada sela daun hingga batangnya. Dasar bunga ini berwarna kuning-oranye yang berlapis dengan warna merah tak beraturan, pada bagian tengahnya terkadang bunga anggrek kelip ini mempunyai warna cenderung biru.

Baca Juga :   Bunga Matahari Juga Bisa Menghasilkan Minyak Yang Kaya Manfaat

Lebih jauh, tak kalah indah lagi bunga tersebut memiliki mahkota pigmen berwarna ungu yang biasanya terdapat pada bagian dalam hingga mencapai tengahnya. Dari warna ungu tersebut, banyak kalangan masyarakat Kalimantan menilai bunga tersebut mempunyai tampilan yang memukau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.