Waspada Penyebaran Rabies, Anjing Liar Banyak Berkeliaran di NTB

oleh -5 views
ilustrasi hewan anjing
Ilustrasi Hewan Anjing - Foto : Pexels

Panennews.com – Kasus gigitan anjing liar masih sering terjadi di beberapa wilayah NTB. Ini membutuhkan atensi serta penanganan massif dari pihak berwenang. Dalam hal ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) NTB masih belum bisa melakukan tindakan cepat.

Kepala Disnakeswan NTB Ahmad Riyadi menjelaskan, masalah ini menjadi dilema bagi Pemprov NTB. Maksudnya, jika melakukan eliminasi massal anjing liar dikhawatirkan akan ada pihak yang keberatan. Seperti komunitas pecinta binatang. Juga karena tidak semua anjing liar menunjukkan gejala rabies.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Rabies Hewan, 2000 Vaksin Tersedia Gratis Di Yogya

“Alih-alih melakukan eliminasi, memandulkan anjing liar bisa menjadi solusi yang baik. Namun pihaknya masih belum memiliki alat dan obat-obatan untuk melakukan hal tersebut,” ujarnya, Selasa (19/12/2023).

Sebagai informasi sebelumnya, pada September lalu anjing liar telah memakan korban berusia 7 tahun di Lombok Tengah.

Setelah dilakukan pengecekan lab, anjing tersebut tidak mengalami rabies. Kemudian pada November lalu juga, balita 4 tahun nyaris tewas digigit anjing liar di Lombok Timur.

Pada kasus ini, anjing liar berhasil kabur dan tidak dapat ditangkap oleh petugas untuk dilakukan cek laboratorium. Menurut pengelihatan tim, anjing tersebut tidak bergejala rabies.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Burung Derkuku

Karena masih berkelompok dan tidak soliter. Penyerangan yang dilakukan karena anjing terprovokasi dan dalam keadaan lapar.

Harapannya, anjing-anjing liar yang berkeliaran ini tidak bergejala rabies. Walaupun sebenarnya letak Pulau Lombok terhimpit oleh dua pulau yang terpapar rabies dari Bali dan Pulau Sumbawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.