Cegah Penyebaran Rabies Hewan, 2000 Vaksin Tersedia Gratis Di Yogya

oleh -47 views
VaksinasiMassalYogya
Foto : Ditjen PKH

Panennews.com – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta kembali mengadakan vaksinasi Rabies secara gratis.

Vaksinasi gratis sebanyak 2000 dosis untuk kucing, anjing dan kera. Vaksinasi ini akan dilaksanakan di sejumlah Poliklinik Hewan Kota Jogja, tempat praktek dokter hewan dan 45 titik yang tersebar di kelurahan mulai tanggal 4 – 27 September 2023.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Suyana menyampaikan hingga saat ini belum ada kasus hewan Rabies di Kota Yogya. Meski demikian, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mencatat adanya 28 laporan gigitan hewan.

“Dari Januari sampai Juli 2023, Kota Yogya ada 28 kasus gigitan. Orangnya dilaporkan ke Dinas Kesehatan, hewannya ke Dinas Pertanian dan Pangan. Tidak semuanya bentuk gigitan, dicakar saja juga termasuk dan kasus ini kebanyakan hanya dicakar. Bahkan ada yang setelah menggigit beberapa hari kemudian hewannya mati kemudian kami lakukan otopsi hewannya semua negatif rabies,” ungkap Suyana dalam jumpa pers di Balai Kota Yogyakarta, Senin (04/09/2023).

Baca Juga :   Tips Budidaya Kroto, Pakan Favorit Burung Kicau

Menurutnya, vaksinasi Rabies ini perlu dilakukan sebagai langkah preventif yaitu mengantisipasi terjadinya kasus Rabies di kemudian hari dan mempertahankan status Kota Yogya yang bebas dari rabies. Program layanan vaksinasi Rabies gratis ini bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DIY.

“Vaksin gratis ini diperuntukkan untuk hewan-hewan yang berdomisili di wilayah Kota Yogyakarta. Pemilik hewan juga mesti berdomisili di Kota Yogya dengan menunjukkan KTP atau Surat Keterangan Domisili dari kelurahan setempat,” jelas Suyana.

Sementara itu, vaksinasi tersebut akan dibuka setiap hari Senin sampai Kamis. Adapun pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui link s.id/rabies2023

Baca Juga :   Ketahui Kendala Yang Sering Terjadi Dalam Ternak Bebek

“Selain hewan berdomisili di Kota Yogya, hewan harus kondisi sehat dan telah diberikan obat cacing maksimal 3 bulan sebelumnya dan atau minimal seminggu sebelum vaksin. Apabila betina tidak sedang dalam kondisi bunting atau menyusui​,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.