Korem 162/WB Kembangkan Budidaya Pakan Ternak

oleh -7 views
Korem 162/WB Kembangkan Budidaya Hijauan Makanan Ternak dari Indigofera Zollingeriana. (Ist)
Korem 162/WB Kembangkan Budidaya Hijauan Makanan Ternak dari Indigofera Zollingeriana. (Ist)

Panennews.com – Pola peternakan yang melepasliarkan hewan di wilayah Kabupaten Dompu, menjadi atensi Korem 162/Wira Bhakti. Kondisi ini membawa risiko tinggi terhadap keselamatan pengguna jalan raya.

Selain itu, meningkatkan risiko pencurian, mengancam keberlanjutan usaha peternakan, dan menciptakan ketidaknyamanan serta ketegangan antara pemilik lahan dan pemilik ternak.

Korem 162/WB mengajak masyarakat untuk beternak di kandang atau lahan khusus peternakan (ranch). Beternak dengan cara di kandang dan ranch ini mampu mempercepat pertumbuhan hewan ternak. Serta dapat menghindari masalah sosial lainnya.

Guna mendukung beternak di kandang dan ranch, Korem 162/WB membuat terobosan dengan melakukan budidaya pengembangan Hijauan Makanan Ternak (HMT) dari Indigofera Zollingeriana.

Hal ini ditandai dengan penanaman perdana di Jalan Lintas Calabai, Desa Tolokalo, Kecamatan Kempo, Dompu oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti. Kegiatan tersebut diikuti juga Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani, Sabtu (16/12/2023).

Baca Juga :   Mentan SYL Ajak Peternak Di Bogor Penuhi Kebutuhan Daging

Tanaman Indigofera sangat potensial dikembangkan sebagai pakan ternak di masa depan. Diberikan kepada sapi, kambing, kelinci maupun unggas.

Dengan kandungan protein yang tinggi disertai kandungan serat relatif rendah dan tingkat kecernaan yang tinggi, tanaman ini sangat baik sebagai sumber hijauan pakan ternak.

Karena tahan terhadap kekeringan, maka indigofera dapat dikembangkan di wilayah dengan iklim kering. Untuk mengatasi terbatasnya ketersediaan hijauan/pakan ternak sapi maupun Kambing, terutama di musim kemarau.

”Jadi cocok juga ditanam di wilayah yang kering,” kata Danrem.

Danrem mengatakan, adanya budidaya Indigofera akan meningkatkan perkembangan hewan ternak di wilayah Dompu. Sehingga ternak yang dipelihara masyarakat bisa lebih sehat, lebih gemuk serta dapat berkembang biak dengan baik.

Salah satunya karena adanya asupan protein cukup tinggi dari Indigofera.

Baca Juga :   Keberhasilan Budidaya Cacing Sutera Menyokong Produksi Benih Nasional

Beternak modern bukan dengan melepas hewan ternaknya untuk mencari makan sendiri, yang nantinya akan menimbulkan permasalahan sosial. Tetapi harus menggunakan kandang atau Ranch.

”Semoga ke depan peternakan di Kabupaten Dompu sudah menggunakan sistem modern dan hal itu dapat mengadopsi dari Australia. Di suatu areal tertentu dibuatkan kandang khusus sekaligus memiliki lahan pengembangan pakan ternak, sehingga peternakan di Kabupaten Dompu menjadi maju,” harap Brigjen Agus.

Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani mengapresiasi dan penghargaan kepada Korem 162/WB, melalui Kodim 1614/Dompu yang telah menginisiasi kegiatan penanaman tersebut bahkan dihadiri langsung Danrem 162/WB.

”Semoga dengan pengembangan Indigofera ini, bisa terwujud peternakan modern dan ternak yang dikandangkan lebih cepat gemuk dan bobotnya lebih berat,” ucap Bupati AKJ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.