Dulu Rumah Jagal Hewan Tradisional, Kini Blora Resmikan RPH Ruminansia Mandiri

oleh -19 views
231218211415IMG-20231218-WA0046
Foto : Dok. Pemkab Blora

Panennews.com – Setelah puluhan tahun bergantung pada rumah jagal tradisional di Jalan Sumbawa, Kelurahan Jetis, Blora Kota.

Untuk menyembelih sapi dan hewan ruminansia lainnya, kini Kabupaten Blora memiliki Rumah Potong Hewan (RPH) Ruminansia modern.

RPH modern yang baru tersebut terletak di Jalan Blora – Randublatung Km 3, Desa Kamolan, Kecamatan Blora Kota. Tepatnya 100 meter sebelah Selatan Pasar Induk Sido Makmur.

Bupati H. Arief Rohman, meresmikan operasional RPH Ruminansia tersebut Rabu (20/12/2023) siang. Tampak hadir pula Sekda Komang Gede Irawadi SE, Wakil Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang, dan beberapa Kepala OPD terkait.

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng, pemotongan pita di akses pintu masuk sapi dan penandatanganan prasasti.

Usai itu, Bupati dan rombongan mendengarkan demo alur tahapan penyembelihan hewan ruminansia oleh dokter hewan dari petugas jagal.

Baca Juga :   Sistem Dry Lot Fattening, Cara Penggemukan Sapi Modern

Demo tersebut, mulai sapi masuk, disembelih, dikuliti, dipisahkan organ dalamnya hingga pemotongan daging dan tulang. Dan sampai siap didistribusikan ke pasar.

Bupati H. Arief Rohman menyatakan bersyukur atas diresmikannya RPH modern yang memang sudah lama dinantikan masyarakat.

Menurutnya, bangunan RPH-nya yang adanya dari APBN sudah selesai awal tahun. Namun untuk menyiapkan operasional butuh pengurusan izin sertifikat layak fungsi, termasuk nantinya juga diurus sertifikat halalnya, sehingga Senin (18/12/2023) ini baru bisa diresmikan. .

“Dengan peresmian ini, maka rumah jagal atau jagalan yang berada di Jl. Sumbawa Kelurahan Jetis akan ditutup permanen. Setiap hari penyembelihan sapi akan dilakukan di sini. Lokasinya lebih dekat dengan pasar, lebih bersih, dan jauh dari pemukiman. Termasuk nanti saat Idul Adha juga penyembelihan hewan di sini. Izin operasional dan pengelolaan limbahnya sudah siap,” tambah Bupati.

Baca Juga :   Cocok Untuk Hewan Kurban, Ini Keunggulan Kambing Jawa Randu

Dalam kesempatan ini, Bupati yang akrab disapa Gus Arief menyampaikan tentang rencana penambahan pasar Hewan Kabupaten Blora baru yang lokasinya di Kecamatan Kunduran.

Menurutnya, jumlah sapi di Kabupaten Blora terbanyak se -Jawa Tengah, yakni sekitar 280 ribu ekor lebih. Maka transaksi jual beli hewan di Kabupaten Blora butuh fasilitas Pasar yang memadai.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP4) Blora, Ngaliman, SP menyampaikan, operasional RPH Ruminansia Modern di Selatan Pasar Induk Blora akan langsung dibuka.

“Hari ini diresmikan oleh Bupati, dan besok akan langsung dibuka untuk penyembelihan. Dengan demikian rumah jagalan di Jetis akan langsung ditutup,” papar Ngaliman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.