Panen Cabai Di Luas Lahan 10 Hektare, Jateng Optimis Harga Cabai Turun

oleh -15 views
cabai_keriting_merah
Foto : Panen News

Panennews.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana melakukan panen bersama petani cabai di Desa Sriwungu, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Rabu (20/12/2023).

Panen dilaksanakan secara serentak dengan tiga provinsi lain, yakni Banten, DKI, dan Jabar, sebagai upaya stabilisasi harga cabai.

“Alhamdulillah, memasuki musim penghujan ini, cabai sudah mulai bisa dipanen. Untuk di Jateng, selain Temanggung juga ada di Magelang, Boyolali, Banjarnegara, dan Wonosobo,” kata Nana.

Ditambahkan, lahan tanaman cabai di Desa Sriwungu seluas 20 hektare. Dari jumlah itu, sekitar 10 hektare lahan sudah siap dipanen. Setiap hektare lahan dapat menghasilkan sekitar 1 ton cabai.

“Hasilnya cukup baik, 1 hektare lahan dapat menghasilkan 1 ton cabai, jadi kalau 10 hektare ya bisa panen 10 ton. Ini sekali panen,” jelasnya.

Baca Juga :   Jelang Idul Adha, Harga Bapok Di Pasar Beringharjo Stabil

Sementara itu, luasan tanaman cabai se-Kecamatan Tlogomulyo, mencapai 414 hektare, dengan jenis tanaman cabai rawit dan cabai merah keriting.

Dari jumlah itu, sekitar 164 hektare lahan cabai rawit dan 15 hektare cabai merah keriting, sudah siap dipanen.

Dengan hasil panenan itu, dia yakin mampu menstabilkan harga cabai. Sebab, beberapa pekan terakhir harga cabai masih tinggi, sehingga berpengaruh terhadap inflasi.

Nana menyampaikan, inflasi Jawa Tengah per awal Desember 2023 tercatat 3,16 persen. Angka itu naik dari bulan sebelumnya, walaupun kenaikannya masih dalam batas wajar, karena tidak jauh dari target yang ditetapkan, yaitu 3,00 plus-minus 1 persen.

Baca Juga :   Kementan Pacu Talas Beneng dan Produk Turunannya Mendunia

Salah satu faktor pendorong peningkatan inflasi itu adalah naiknya harga cabai. Di beberapa daerah, harga cabai sempat menyentuh harga Rp80 ribu hingga Rp90 ribuan per kilogram.

Namun harga itu perlahan-lahan mulai turun, karena panen di beberapa daerah sudah dimulai, dan adanya operasi pasar dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Insyaallah dengan mulai panen tanaman cabai ini, harga cabai ini akan kembali turun. Kita akan mampu menurunkan ke harga sesuai dengan HAP (Harga Acuan Pemerintah) yang kita harapkan,” tandas Nana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.