Bikin Nafsu Makan Ayam Kampung Meningkat, Begini Tips Mudahnya

oleh -55 views
Ilustrasi Ayam Kampung
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ayam kampung merupakan salah satu jenis unggas yang cukup populer dipelihara. Pasalnya, jenis ayam tersebut memiliki nilai ekonominya yang lumayan tinggi.

Dalam memelihara ayam kampung, banyak dari kalangan masyarakat tengah mengeluh lantaran ayam tersebut berkurang nafsu makannya. Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan tips mudah agar nafsu makan ayam meningkat.

Adapun tips mudah dalam meningkatkan nafsu makan ayam, salah satunya dengan memberikan pakan berkualitas. Biasanya pakan berkualitas akan mampu mendorong ayam untuk membuat nafsu makan meningkat.

Baca Juga :   Cegah Penyakit, Belasan Ribu Hewan Peliharaan Divaksin Rabies Di Jaktim

Selain itu, pakan yang berkualitas juga dapat meningkatkan bobot atau pun berat badan ayam itu sendiri. Biasanya pakan yang berkualitas itu meliputi jagung, dedak, hingga pakan alami lain dengan banyaknya kandungan gizi.

Lebih jauh, tips selanjutnya yaitu perhatikan komposisi atau takaran dalam pemberian pakan. Adapun dalam pemberian pakan tersebut, disarankan untuk tidak memberikan pakan terlalu banyak.

Pasalnya, hal tersebut akan membuat ayam kampung merasa stres sehingga itu menjadi salah satu penyebab ayam berkurang nafsu makannya. Oleh sebab itu, berikan pakan dengan takaran sesuai.

Baca Juga :   Tekan Penyakit PMK, Pemkot Malang Gencarkan Vaksinasi Sapi

Lebih lanjut, berikan juga cairan vitamin penambah nafsu makan dalam air minumnya. Hal ini karena dalam vitamin tersebut, dapat mendorong ayam kampung meningkat nafsu makannya.

Namun, dalam pemberian cairan vitamin ini disarankan untuk melihat kebutuhan dosis atau pun takarannya. Hal itu agar tidak terjadinya kelebihan dosis vitamin yang nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.