Stok Rumah Potong Hewan Tinggi, NTB Akan Datangkan Sapi Dari luar Jawa

oleh -10 views
Hewan Sapi
Foto : Panen News/amar

Panennews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) NTB, berencana mendatangkan ternak sapi sebanyak 5000 ekor dari luar daerah.

Ternak sapi yang didatangkan dari Tangerang ini untuk memenuhi kebutuhan RPH Banyumulek di Lombok Barat.

“Kemarin dia ada rencana permohonan mendatangkan sapi dari Tangerang, yaitu dari PT. Atra Begawan Nusantara (ABN) untuk memenuhi kebutuhannya,” kata Kepala Disnakkeswan NTB, Muhammad Riadi Senin (06/11/2023).

ABN lanjut Riadi, sudah menjalin kerjasama dengan para pengusaha ternak di NTB. Hanya saja ternak yang dihasilkan oleh peternak lokal tidak memenuhi syarat ketentuan yang sudah ditetapkan oleh PT ABN. Dimana berat minimal ternak sapi yang akan dipotong di RPH Banyumulek sebesar 300 kilogram.

Baca Juga :   Tips Mengatasi Penyakit Kuku Busuk Pada Sapi

“Jagal baru untung kalau berat ternaknya 300 kilogram. Kalau sapi kurang dari tiga kwintal (300 kilogram), maka pengusaha akan merugi,”tandasnya.

Selain itu, Riadi juga membantah jika rencana untuk mendatangkan sapi dari luar daerah ini, karena produksi ternak di NTB kurang.

Alasanya PT ABN memiliki segmen pasar berbeda, yang mana membutuhkan bobot ternak yang besar. Sementara rata-rata berat ternak sapi yang ada NTB kurang dari tiga kwintal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.