Tips Mengatasi Penyakit Kuku Busuk Pada Sapi

oleh -809 views
Hewan Sapi
Ilustrasi Hewan Sapi - Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang cukup populer saat ini karena memiliki banyak kelebihan pada saat memelihara tersebut. Namun, terkadang sapi juga memiliki masalah kesehatan seperti terkena penyakit kuku busuk. Penyakit kuku busuk pada sapi jika dibiarkan bisa berdampak buruk karena bisa memberikan rasa tidak nyaman pada sapi.

Kata lain dari jenis penyakit ini adalah pododermatitis yang menyerang daerah bagian kuku atas dan terjadi luka di antara kedua kuku. Efek pada jenis penyakit satu ini adalah membuat sapi menjadi sulit bergerak dan tidak mampu untuk berdiri secara normal karena kesakitan.

Baca Juga :   Kemenperin Beberkan Peluang Inovasi Industri Pengolahan Daging

Para peternak sapi, harus lebih mengerti bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah ini. Biasanya, sapi yang terkena penyakit kuku busuk akan merasa kesakitan dan banyak didekati oleh lalat di sekitarnya.

Penyakit ini juga akan sangat mempengaruhi tingkat nafsu makan sapi. Jika sapi sampai kesulitan untuk memiliki nafsu makan, efeknya tentu saja membuat sapi kurus dan dampak terburuk yakni mati karena lemas.

Untungnya, saat ini sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kuku busuk seperti pemberian vaksin atau penyuntikan berupa antiperik dan analgesik. Cara semacam ini terbilang sangat efektif. Selain itu, pengobatan juga dibantu dengan tambahan makanan mengandung vitamin B kompleks untuk menjaga kondisi sapi ini.

Baca Juga :   Kasus Rabies di NTB Jadi Atensi Menteri SYL

Masalah terjadinya nanah, jamur, dan lainnya pada penyakit kuku busuk pada sapi bisa teratasi dengan beberapa cara diatas. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi peternak sapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.