Sebelum Terbang Ke Salatiga, Barantan Mamuju Kembali Periksa Sarang Burung Walet

oleh -25 views
92927_2d212df6d00a4aac8ff341ef56105cf9-5_11_2023-20.04.10-1-991x564
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Badan Karantina Pertanian (Barantan) Mamuju kembali memberikan pelayanan sertifikasi terhadap 66 kilogram Sarang Burung Walet (SBW).

Adapun SBW tersebut sebelum diterbangkan memiliki jumlah dengan nilai Rp660 juta yang akan dikirim ke Salatiga, Jawa Tengah, Senin (14/11/2023).

“Pemeriksaan dokumen berupa SV dan hasil laboratorium untuk pemeriksaan organoleptik dari dinas terkait. Kemasan dan bentuk fisik SBW juga tidak luput dari pemeriksaan, kemudian kesesuaian jumlah fisik dan jumlah SBW yang terlampir pada dokumen,” ungkap I Gusti Bagus Ari Purwanda selaku Dokter Hewan Karantina.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Rabies Hewan, 2000 Vaksin Tersedia Gratis Di Yogya

Selain itu, Gusti juga menyebut setelah dilakukan tahapan pemeriksaan maka dapat diterbitkan sertifikat sanitasi produk hewan sebagai jaminan sehat dan layak diberangkatkan ke Salatiga.

Lebih lanjut, media berupa SBW ini merupakan asal Sulawesi Barat yang cenderung rutin dilakukan pada 6 bulan 1 kali dengan intensitas dan jumlahnya pun cukup terbilang banyak.

“Pengiriman SBW asal Sulbar cukup rutin dilakukan, update terbaru dari data IQfast sepanjang tahun 2023, lalu lintas perdagangan SBW keluar wilayah sebanyak 47 kali dengan total volume 3213 kilogram, dengan rata-rata perbulannya 5 kali keberangkatan dengan berat 321 kilogram, dan ini akan terus bertambah hingga akhir tahun,” ujar Gusti.

Baca Juga :   Tips Mengatasi Penyakit Kuku Busuk Pada Sapi

Sementara itu, Barantan Mamuju selalu memastikan bahwa setiap komoditas yang dilalulintaskan memiliki kualitas, aman dan bebas dari Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

“Setiap komoditas tumbuhan maupun hewan akan kita periksa secara detail, sehingga kesehatannya terjamin dan aman untuk diterbangkan maupun dilalulintaskan” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.