Cegah Rabies Hewan, Vaksinasi Gratis Di Yogyakarta Kembali Digencarkan

oleh -24 views
Kucing
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Vaksinasi rabies kembali digelar di 18 Kelurahan dan di Poliklinik Kota Yogyakarta mulai tanggal 20 hingga 28 November 2023

Pemberian vaksin rabies ini merupakan lanjutan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta pada bulan September 2023.

Dimana pada tahun ini menargetkan 45 kelurahan secara keseluruhan mendapatkan vaksinasi rabies pada hewan kucing, anjing dan kera.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sri Panggarti, Rabu (22/11/2023) di Kelurahan Rejowinangun.

Pihaknya mengatakan, para pemilik hewan anjing, kucing dan kera bisa memanfaatkan vaksinasi rabies secara gratis untuk diberikan kepada hewan peliharaannya.

Baca Juga :   Kementan Sebut Surat SKKH Jadi Jaminan Kesehatan Ternak

Vaksin rabies lanjutan ini diberikan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta kepada pemilik hewan dengan total vaksin rabies yang sudah disiapkan hingga akhir tahun 2023 ini berjumlah 4000 dosis.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun 2022 dari target 2500 dosis dan realisasi berjumlah 2.179 ekor.

Sedangkan realisasi tahun 2023 tahap pertama sampai dengan bulan September 2023 berjumlah 2208 ekor di 27 kelurahan di Kota Yogyakarta.

“Semoga dengan bertambahnya vaksin rabies ini akan menambah kesehatan hewan peliharaan dan dosis yang diberikan di Kota Yogyakarta sesuai dengan target,”ungkapnya.

Sementara itu, pada kegiatan vaksin tersebut, salah satunya diadakan di Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede Yogyakarta.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Rabies Hewan, 2000 Vaksin Tersedia Gratis Di Yogya

Warga Pilahan Elin mengatakan, sudah kali ke tiga memberikan vaksin pada hewan peliharaannya lewat program vaksin rabies gratis dari pemerintah.

Pihaknya mengaku, sangat terbantu. Terutama pada pengeluaran biaya vaksin hewan yang diberikan secara gratis.

Selain itu, hewan piaraannya menjadi lebih sehat setelah diberikan vaksin rabies secara rutin setiap tahunnya.

“Sangat terbantu dan kegiatan ini sangat bagus ya, dan tentunya menghemat biaya. Selain menjaga kesehatan hewan peliharaan kita, kita tidak perlu bingung mencari vaksin rabies di luar sana,”jelas Erlin saat diwawancara usai memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.