Palasan, Tumbuhan Rambat Dengan Rimpangnya Banyak Khasiat

oleh -76 views
-898307714-612x612
Foto : Pixabay

Panennews.com – Palasan merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh secara merambat. Biasanya jenis tanaman ini kerap mudah dijumpai pada kawasan iklim tropis.

Tumbuhan dengan nama Ilmiah Alyxia Oliviformis ini masih tergabung ke dalam suku famili dari Apocynaceae. Adapun tumbuhan ini juga dikenal dengan banyak sebutan nama seperti pulasari atau palasari.

Secara morfologi, tanaman rambat ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai kisaran antara 5 – 10 meter. Batang utama dari tanaman ini memiliki tekstur lumayan keras, biasanya batang tersebut dapat tumbuh dengan banyak percabangan.

Baca Juga :   Agar Bebas Hama, Karantina Maluku Periksa Sejumlah Kayu Kelapa

Selain itu, tanaman ini juga dilengkapi dengan daun berbentuk lonjong dengan ujungnya yang cenderung runcing. Biasanya daun tersebut berwarna hijau dengan ukuran panjang mencapai kisaran antara 5 – 7 cm, sedangkan lebar dari daun ini biasanya mencapai kisaran antara 2 – 3 cm.

Di sela daun hingga batangnya, terdapat bunga putih dengan ukurannya yang lumayan kecil. Biasanya ukuran bunga tersebut bisa mencapai kisaran antara 5 – 10 milimeter. Adapun bunga tersebut biasanya muncul pada musim penghujan atau musim dingin.

Lebih dari itu, tanaman ini juga memiliki rimpang pada bagian bawah batangnya. Biasanya rimpang tersebut mengandung sejumlah nutrisi berupa antioksidan, tannin, hingga saponnin.

Baca Juga :   Dengan Cara Ini, Bikin Bunga Tasbih Semakin Subur Dan Indah

Oleh karena kandungan tersebut, banyak dari masyarakat menilai bahwa rimpang dari tanaman palasan memiliki banyak khasiat. Adapun khasiatnya salah satunya bermanfaat sebagai penyembuh beberapa penyakit yang menyerang tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.