Atasi Pengangguran Pemuda Desa, Mahasiswa UGM Gelar Program Muda Ternak

oleh -7 views
Mahasiswa dan pemuda yang terlibat di program Muda Ternak
Mahasiswa dan pemuda yang terlibat di program Muda Ternak - Foto : Dok. Istimewa

Panennews.com – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan program Muda Ternak untuk meningkatkan minat generasi muda dalam beternak.

Program ini digelar di Dusun Saraban, Panggungharjo, Bantul, DIY, yang melibatkan sebanyak 22 anak muda berusia 18 tahun.

Program ini berawal dari keresahan terhadap rendahnya produktivitas pemuda Dusun Saraban. Tidak sedikit anak muda Dusun Saraban yang belum bekerja setelah lulus dari bangku sekolah.

“Dusun Saraban memiliki potensi wilayah yang baik untuk beternak. Luasnya ketersediaan lahan dan kandang yang belum produktif. Terhitung seluas 400meter persegi lahan dan kandang yang belum digunakan,” papar Pradiptya Arrohman, salah satu inisiator program ini, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga :   Penyakit Ekor Basah Pada Hamster, Ketahui Gejala Hingga Cara Mengatasinya

Selain itu, menurut Pradiptya, masyarakat Dusun Saraban terbiasa memiliki hewan piaraan, setidaknya 22% masyarakat memiliki ternak yang masih dipelihara secara tradisional.

Kondisi tersebut akhirnya menggerakkan lima mahasiswa UGM untuk mencari solusi guna mengurai persoalan pengangguran di Dusun Saraban dengan membuat Program Muda Ternak. Program telah dilaksanakan sejak Juni lalu hingga Oktober 2023 ini.

Pradiptya menyampaikan, program dilaksanakan secara intensif dengan pemuda Dusun Saraban. Secara berkala, para pemuda diberi pelatihan-pelatihan manajemen peternakan secara sistematis. Sebagai awalan, empat domba dipelihara selama program berlangsung.

“Pemuda yang sebelumnya tidak produktif menjadi lebih produktif dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan pada program ini, seperti adanya pemberian pakan dan minum setiap hari,” tambah Apriana.

Baca Juga :   Kendalikan Antraks, Mentan SYL Kasih Jempol Pemkab Gunung Kidul

Selain memberi pendampingan dan pelatihan manajemen peternakan, mereka juga memfasilitasi pelatihan pembuatan mineral blok dan silase, penanaman rumput pakan ternak, feasibility study, dan recording.

Salah satu pemuda Dusun Saraban, Raffa, mengungkapkan sangat terbantu dengan adanya program Muda Ternak UGM. Sebab, ia sama sekali belum pernah memiliki pengalaman beternak sebelumnya.

“Setelah mengikuti program Muda Ternak, saya bisa mendapatkan pengalaman dalam beternak mulai memberi makan hingga merawat ternak serta memperoleh tambahan ilmu-ilmu ternak lainnya,” jelas Raffa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.