Penyakit Ekor Basah Pada Hamster, Ketahui Gejala Hingga Cara Mengatasinya

oleh -61 views
hamster-5203446__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ada banyak hewan yang kerap dipelihara oleh kalangan masyarakat, salah satunya jenis hewan hamster ini. Pasalnya, jenis hewan tersebut memiliki tampilan lucu serta menggemaskan.

Oleh sebab itu, jenis hewan tersebut saat ini tengah banyak dipelihara. Namun dalam memeliharanya, hamster kerap kali terserang penyakit ekor basah. Hal ini tentunya akan menurunkan produktivitas hewan tersebut.

Secara umum, penyakit ekor basah yang menyerang hamster ini biasanya disebabkan oleh serangan virus atau bakteri yang mengendap dalam tubuh hamster sehingga virus itu akan berkembang hingga memberikan dampak buruk terhadap tubuh hamster.

Baca Juga :   Deretan Penyakit Yang Kerap Menyerang Anjing, Apa Saja?

Selain itu, penyakit ini disebabkan juga oleh hamster yang terkena stres. Pasalnya, hamster yang stres tentunya akan menurunkan kesehatannya sehingga dengan begitu penyakit akan mudah datang dari mana saja.

Lebih lanjut, gejala yang ditimbulkan dari terserangnya penyakit ini biasanya nafsu makan menurunkan hingga menyebabkan rasa lemas pada sekujur tubuh hamster. Adapun gejala ini biasanya akan timbul pada awal hamster terkena penyakit tersebut.

Lebih jauh, lazimnya penyakit ekor basah ini memiliki gejala inti pada bagian ekornya yang cenderung basah hingga menyebabkan kerontokan bulunya. Hal ini merupakan gejala paling parah dari penyakit tersebut karena bisa menyebabkan dampak besar bagi hamster.

Baca Juga :   Pakan Terbaik untuk Kelinci Agar Cepat Besar

Sementara itu, cara mengatasi penyakit ekor basah yang menyerang hamster ini biasanya rutin memberikan vaksin serta vitamin hamster. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh hamster serta mengecilkan bakteri penyebab penyakit ini.

Selain itu, berikan juga hamster pakan dengan kandungan nutrisi lengkap agar selalu kuat imunitas tubuhnya dan juga jaga selalu kebersihan hamster hingga kandangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.