Tips Aman Menjaga Kesehatan Produktivitas Domba Ternak

oleh -462 views
Domba Merino
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Menjaga kesehatan domba tentunya sangat menjadi prioritas bagi mereka yang memelihara domba. Pasalnya, domba yang kesehatannya terjaga tentunya akan baik produktivitasnya sehingga nilai jual cukup lumayan tinggi.

Oleh karena itu, agar domba tetap terjaga kesehatannya diperlukan berbagai tips aman dalam pemeliharaan atau pun perawatannya.

Secara umum, tips dalam menjaga kesehatan domba agar baik produktivitasnya yaitu salah satunya dengan menjaga kandang agar tetap bersih. Pasalnya, kandang yang bersih tentu terhindar dari segala jenis penyakit atau bakteri. Dengan demikian, domba tersebut dengan kandangnya akan menambah produktivitasnya. Terlebih lagi, domba tersebut pun tetap terjaga kesehatannya.

Baca Juga :   Bisa Timbul Masalah, Ini Yang Terjadi Jika Sapi Diberikan Air Minum Kotor

Selain itu, pemberian pakan yang penuh dengan nutrisi juga bisa jadi tips dalam menjaga kesehatan domba. Biasanya pemberian pakan tersebut mengandung senyawa nutrisi berupa protein, karbohidrat, hingga berbagai jenis vitamin. Adapun hal ini untuk memenuhi kebutuhan gizi domba serta meningkatkan imunitas tubuh domba agar terhindar dari penyakit. Dengan begitu, nantinya domba akan terjaga kesehatannya.

Lebih lanjut, agar produktivitas domba meningkat serta semakin sehat. Berikan juga vaksinasi untuk mencegah penularan penyakit pada hewan ternak domba. Biasanya pemberian vaksinasi itu dapat berkisar antara 2 – 3 bulan 1 kali. Di samping itu, obat-obatan juga perlu tersedia untuk memberikan pertolongan pertama jika domba terserang penyakit. Hal ini tentunya menjadi tips mudah untuk menjaga domba agar tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.