Bulu Bebek Sering Rontok, Ternyata Ini Dia 3 Penyebabnya

oleh -373 views
Bebek
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Dalam ternak bebek, kesehatan menjadi faktor utama untuk bebek tersebut. Salah satu kendala yang biasanya kerap ditemukan oleh peternak bebek yaitu bulu bebek yang sering rontok.

Bulu bebek yang sering rontok bukan lah tanpa sebab, melainkan ada berbagai penyebabnya. Hal ini sangat jarang sekali orang mengetahuinya, adapun penyebab bulu bebek sering rontok diantaranya.

Terkena Penyakit

Berbagai jenis penyakit yang menyerang bebek tentunya dapat menyebabkan bulu bebek rontok. Pasalnya, penyakit tersebut akan menyerang bagian tubuh bebek termasuk bagian bulunya. Selain itu, serangan penyakit pun dapat menghambat pertumbuhan bulu bebek. Oleh karena itu, penyebab pertama bulu bebek sering rontok yaitu terkena serangan berbagai jenis penyakit.

Baca Juga :   Produksi Sapi Dan Daging Turun, Peternak Sapi Di Pasuruan Diminta Manfaatkan KUR

Kurangnya Gizi

Penyebab bulu bebek rontok selanjutnya yaitu kurangnya asupan nutrisi pada bebek. Mengingat, nutrisi merupakan faktor penunjang bebek untuk sehat tumbuh kembangnya. Jika bebek kurang nutrisinya, maka akan berdampak besar kepada bagian tubuh bebek termasuk juga bulunya. Oleh karena itu, berikan bebek pakan mengandung gizi hingga nutrisi seimbang agar bulu bebek kembali sehat.

Terjangkit Stres

Bebek yang terjangkit stres bisa menyebabkan bulunya rontok hingga menyebabkan kebotakan. Pasalnya, bebek yang stres terdapat produktivitas kurang baik. Dengan begitu, kesehatannya pun terganggu termasuk juga bisa menyebabkan bulunya rontok. Oleh sebab itu, jaga bebek anda agar tidak terkena stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.