Begini Cara Gampang Tingkatkan Produktivitas Tanaman Kakao

oleh -5 views
Ilustrasi Kakao
Foto : Pixabay

Panennews.com – Komoditas kakao saat ini memiliki nilai jual yang cukup tergolong tinggi. Oleh sebab itu, banyak dari kalangan masyarakat tengah menanam tanaman kakao hingga membudidayakannya.

Namun, sebagian kalangan masyarakat saat ini tengah kebingungan lantaran bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas tanaman kakao.

Secara umum, cara mudah dalam meningkatkan produktivitas tanaman kakao salah satunya yaitu perawatan yang cenderung maksimal. Adapun hal ini bisa dengan melakukan perawatan yang dimulai dari penyiraman, pemupukan, hingga pemberian vitamin. Dengan perawatan tersebut, dapat dipercayai bahwa tanaman kakao akan terpelihara dengan baik serta produktivitas hingga tumbuh kembangnya pun tergolong baik.

Baca Juga :   Dengan Cara Ini, Bikin Bunga Tasbih Semakin Subur Dan Indah

Selain itu, pengendalian hama dan juga penyakit bisa jadi cara mudah untuk meningkatkan produktivitas kakao. Biasanya pengendalian hama tersebut dengan menjaga kebersihan lingkungan atau media tanam sekitar kakao. Lebih lanjut, pengendalian ini juga dapat dilakukan dengan memotong sebagian daun kering yang akan mengundang jenis hama serta penyakit. Oleh cara ini, bisa dipercayai bahwa nantinya tanaman kakao akan tumbuh secara maksimal.

Lebih jauh, cara selanjutnya yaitu jaga kelembaban udara sekitar tanaman. Mengingat, udara yang lembab bisa mengundang jamur untuk menggerogoti tanaman kakao. Oleh sebab itu, jaga udara pada sekitar tanaman untuk memastikan tidak adanya jamur pada kakao. Tentunya hal ini jadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas tanaman kakao.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.