Bebek Tidak Bertelur, Ternyata Ini Faktor-Faktor Penyebabnya

oleh -59 views
Bebek
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bebek petelur merupakan salah satu hewan ternak yang saat ini banyak dipelihara oleh sebagian peternak. Pasalnya, bebek ini memiliki nilai ekonominya yang cukup tinggi dari telur hingga dagingnya.

Banyak dari kalangan peternak bebek petelur tengah mengeluh, lantaran bebeknya yang sulit untuk bertelur. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa hal.

Secara umum, penyebab bebek tidak bertelur salah satunya yaitu kondisi kesehatan bebek terganggu. Biasanya bebek yang kesehatannya terganggu dapat ditandai dengan munculnya berbagai jenis penyakit, hal ini tentunya akan menganggu produktivitas bebek dalam membuahi telurnya. Adapun penyakit yang kerap menganggu bebek meliputi kolera, berak darah, hingga gangguan pencernaan.

Baca Juga :   3 Jenis Pakan Terbaik Burung Beo Yang Bikin Kicauannya Merdu

Selain itu, kondisi kandang yang tidak ideal juga bisa menjadi penyebab bebek tidak mau bertelur. Pasalnya, kandang bebek yang tidak ideal dapat menyebabkan bebek kurang leluasa untuk melakukan pergerakannya, hal ini bisa membuat bebek stres sehingga bebek itu enggan untuk bertelur. Oleh karena itu, agar bebek mau untuk bertelur maka siapkanlah kandang ideal bagi bebek tersebut.

Lebih lanjut, pakan bebek yang kurang akan kandungan nutrisinya juga jadi salah satu penyebab bebek tidak bertelur. Bebek itu sendiri sangat membutuhkan pakan yang mengandung nutrisi protein, karbohidrat, vitamin, hingga senyawa penting lainnya untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Oleh sebab itu, jika pakan bebek kurang nutrisi, bisa membuat bebek kekurangan nutrisi sehingga bebek enggan untuk bertelur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.